Mengenal 5 Penyakit Kucing Kampung Yang Bisa Menular Kepada Manusia, No 3 Paling Berbahaya!

Mengenal 5 Penyakit Kucing Kampung Yang Bisa Menular Kepada Manusia, No 3 Paling Berbahaya!

penyakit kucing kampung-istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Banyak orang memelihara hewan peliharaan seperti kucing karena lucu dan juga jinak, tetapi kebanyakan pemilik kucing masih banyak yang kurang memperhatikan kesehatan kucing.

Faktor makanan, lingkungan dan tidur adalah hal-hal yang dibutuhkan kucing jika salah satunya tidak dijalankan dengan baik kucing bisa saja sakit lho.

Beberapa penyakit kucing mungkin bisa sembuh dengan sendirinya tanpa di obati, namun ada juga beberapa penyakit kucing kampung yang berbahaya dan bisa menular kepada sang pemilik lho.

Biasanya kucing kampung yang kita adopsi atau rawat apabila sudah besar blm diberikan vaksin atau sterilisasi, sehingga mungkin sebagian kucing kampung mengidap beberapa macam penyakit tertentu.

Berikut 5 Penyakit Kucing Kampung Yang Bisa Menular

1.Kudis Kucing

Kudis adalah infeksi kucing yang dihasilkan oleh parasit eksternal tungau kudis Sarcoptes scabiei. Kucing pengidap parasit ini akan mengalami lesu yang membuatnya terganggu karena benjolan gatal.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat tertular penyakit ini yaitu segera gunakan salep topikal dan jaga kucing mendekati ruang-ruang vital Anda seperti kamar tidur dan dapur.

2.Toxoplasmosis

Penyakit satu ini disebabkan oleh sebuah parasit bernama protozoa toxoplasma gondii. Parasit ini rentan hidup di ibu hamil yang berpotensi menularkan pada anaknya. Ditambah jika sistem imunitas ibu sedang lemah.

Untuk mencegahnya, Anda perlu mencegah kucing peliharaan di rumah agar mengonsumsi makanan kucing kemasan saja, bukan hewan-hewan pengerat seperti burung.

Jaga juga kebersihan kucing Anda dari bermain di area yang terkena kotoran hewan lain. Hal yang perlu diwaspadai adalah gejala penyakit yang hingga saat ini belum jelas.

Pada kucing biasanya akan menunjukan gejala 2 mingguan. Parasit protozoa toxoplasma gondii juga mampu hidup di lingkungan-lingkungan kotor berbulan-bulan termasuk di kotak pasir kucing. Mulailah sekarang untuk membiarkan kucing Anda berada di kandang luar rumah agar tidak menyebarkan infeksi parasit ini.

Kemudian, hindari konsumsi daging dan sayuran mentah atau setengah matang serta mencuci sayuran hingga tanah yang menempel benar-benar hilang. Gejala ini bisa Anda deteksi layaknya orang sedang flu, demam, nyeri otot, diare, kejang, hingga muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: