Dijuluki Kota Kuda, Inilah 6 Hal Unik Tentang Kabupaten Kuningan, Orang Kuningan Wajib Tahu!

Dijuluki Kota Kuda, Inilah 6 Hal Unik Tentang Kabupaten Kuningan, Orang Kuningan Wajib Tahu!

6 Fakta Unik Kabupaten Kuningan-Majalah GPriority-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat.

Secara administratif, kabupaten Kuningan berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di sebelah utara, kabupaten Brebes di sebelah timur, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan kabupaten Cilacap, dan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Majalengka.

Kabupaten Kuningan juga dikenal dengan julukan sebagai kota kuda. Kuda merupakan ikon dari kabupaten Kuningan yang memiliki sejarah cukup panjang.

Kabupaten Kuningan juga dikenal sebagai tempat dilaksanakannya perundingan Linggarjati. Hingga saat ini tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata bersejarah dan legendaris di Kuningan.

BACA JUGA: 6 Makanan Khas Kuningan yang Populer dan Legendaris, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh Saat Berkunjung Ke Kuningan

Setiap daerah tentu memiliki sejumlah keunikan yang khas yang menjadi ciri khas dari suatu daerah tersebut. Begitu pun dengan kabupaten Kuningan. Apa saja keunikan atau fakta unik dari Kabupaten Kuningan? Yuk simak berikut ini!

1. Asal usul Kata Kuningan

Salah satu fakta menarik dari Kuningan terdapat pada namanya. Kata Kuningan sendiri memiliki makna yang berbeda dengan versi yang berbeda. Versi pertama mengatakan bahwa kata Kuningan ini berasal dari jenis logam Kuningan yang mirip dengan logam emas. Kaitannya adalah karena masyarakat setempat menemukan sejumlah benda berharga, termasuk perhiasan emas.

Versi kedua mengatakan bahwa Kuningan berasal dari sebuah daerah bernama Kajene yang memiliki arti sesuatu yang berwarna kuning. Dan versi ketiga, bahwa Kuningan berasal dari dangiang Kuning (sebuah ilmu gaib) yang diperoleh oleh demunawan, yang merupakan penguasa Kuningan pada masa Galuh.

2. Memiliki sejumlah Tempat Wisata 

Kuningan sangat terkenal sebagai daerah yang memiliki sejumlah destinasi wisata menarik bagi pengunjung lokal bahkan luar daerah. Letaknya yang berada di kaki gunung Ciremai, membuat wisata di Kuningan memiliki ciri khas dengan sejumlah daya tarik khas pegunungan.

BACA JUGA: Inilah 3 Wisata Kuningan Terpopuler, Pernahkah Anda Mengunjunginya?

Maka tak heran jika Kuningan memiliki banyak wisata alam yang hits dan banyak digandrungi di kalangan wisatawan. Saat liburan, Kuningan juga menjadi tujuan wisata para pelancong dari luar daerah.

3. Terdapat Sentral Penjualan Susu Sapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: