5 Tips Merawat Janda Bolong Agar Daunnya Sehat dan Tidak Keriting, Simak Caranya Di sini!

5 Tips Merawat Janda Bolong Agar Daunnya Sehat dan Tidak Keriting, Simak Caranya Di sini!

5 Cara Merawat Janda Bolong Agar Daunnya Sehat dan Tidak Keriting-Yuda Sanjaya -Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Janda bolong atau monstera adansonii merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari karena memiliki nilai keestetikan dan memberikan suasana yang sejuk dan alami.

Tanaman janda bolong memiliki sisi keunikan berupa ciri daun berlubang dengan warna hijau mengkilap dan memikat. 

Namun seringkali, daun janda bolong yang cantik sering menunjukkan adanya suatu masalah seperti daun yang keriting. Padahal daun yang sehat tidak akan menggumpal atau mengeriting.

Apakah mungkin anda juga pernah mengalami daun janda bolong yang keriting? Umumnya penyebab daun janda bolong yang keriting disebabkan oleh kekurangan dan kelebihan air, stress karena panas, terserang hama, dan sebagainya.

BACA JUGA:5 Kesalahan Merawat Tanaman Janda Bolong yang Umum Terjadi, Perhatikan Pot yang Digunakan!

Sehingga penanaman tanaman janda bolong memerlukan perawatan yang tepat agar tanaman hias ini tumbuh subur dan tidak mengalami masalah seperti daun mengeriting.

Tapi jangan khawatir, berikut ini beberapa cara merawat janda bolong agar daunnya tidak keriting.

1. Menyiram tanaman secara rutin

Salah satu penyebab daun janda bolong keriting adalah kekurangan air. Jika kamu jarang menyiram tanaman janda bolong, maka daun janda bolong akan merespons dengan menggulungkan daunnya.

Solusinya adalah kamu perlu menyiram tanaman janda bolong secara rutin. Pastikan penyiraman sampai bagian atas tanah terendam dan udara mengalir bebas dari lubang drainase.

BACA JUGA:10 Jenis Sirih Gading Menjadi Dekorasi Rumah, Tampak Indah dan Alami

2.Penyinaran yang tepat

Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan janda bolong stres sehingga daunnya keriting atau tergulung. Panas dan aliran udara menyebabkan janda bolong kehilangan udara lebih cepat dari biasanya, sehingga mengakibatkan daun melengkung karena tidak dapat menahan udara.

Maka, cara yang tepat agar tanaman janda bolong daunnya tidak keriting adalah aman disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: