Unik, Ternyata Ini 6 Makna Dibalik Kebiasaan Kucing Suka Mencakar Sofa, Cat Lovers Sudah Tahu?

Unik, Ternyata Ini 6 Makna Dibalik Kebiasaan Kucing Suka Mencakar Sofa, Cat Lovers Sudah Tahu?

6 Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Sofa-Kompasiana.com-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN - Kucing sebagai hewan lucu menggemaskan, memiliki kebiasaan yang unik dan membuat pemilik kucing heran bahkan mungkin kesal. 

Perilaku kucing mencakar sofa ini sudah tidak aneh lagi bagi para pemilik kucing. Tak juga sedikit kesal dengan perilaku kucing satu ini. 

Kebiasaan kucing mencakar sofa ini seringkali dianggap sebagai kenakalan. Padahal, kucing mencakar sofa rumah ini punya berbagai alasan.

Alasan utama mengapa kucing suka mencakar sofa adalah untuk melatih otot kaki, menggerakkan tubuh, menghilangkan stres, serta menandai daerah teritorialnya. 

BACA JUGA: Langsung Kabur! Ini Dia 5 Bau Yang Tidak Disukai Kucing Yang Berasal Dari Tanaman

Sebagai hewan pemburu, kuku kucing memiliki fungsi untuk melindungi dirinya. Sehingga dengan mencakar, kuku kucing akan terasah dan tetap tajam. Bagi sebagian orang mungkin menyebalkan dengan hal ini, namun itulah risiko memelihara kucing. 

Mencakar jadi cara kucing memelihara kesehatannya untuk tetap aktif. Nah, sofa ini merupakan salah satu objek yang disukai kucing untuk melakukan kebiasaannya ini.

Bagi Anda yang memelihara kucing, melihat kebiasaan unik kucing yang satu ini, jangan dulu memarahi kucing. Ada beberapa alasan kenapa kucing suka mencakar sofa, diantaranya sebagai berikut.

1. Mengasah kuku

Salah satu alasan mengapa kucing suka mencakar sofa atau furnitur lain adalah untuk mengasah kuku agar tetap tajam. Kucing sebagai predator memiliki cakar yang perlu diasah.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Yang Tidak Disukai Kucing, Ternyata Karena Baunya! Cocok Untuk Mengusir Kucing Liar Nakal

Dengan melakukan kebiasaan seperti mencakar sofa, akan membuat mereka mengasah kukunya. Hal ini dikenal juga dengan istilah stropping.

2. Melatih otot kaki

Kucing mencakar sofa merupakan cara bagai kucing untuk mengasah keterampilan berburu mereka. Seperti kita tahu, kucing ini adalah hewan pemburu dan terkenal dengan kemampuan melacak dan berburu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: