Asal Usul Desa Kadugede Kuningan, Apakah Ada Durian Besar? Begini Kisah Turun Temurun Warga

Asal Usul Desa Kadugede Kuningan, Apakah Ada Durian Besar? Begini Kisah Turun Temurun Warga

Asal usul nama Desa Kadugede, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan yang berkaitan dengan buah durian.-Wisata Langit - Tangkapan layar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Wisata Kuningan Rasa Jepang: Arunik Eatery, Ramen Mulai dari 15 Ribu, Ini Dia Daftar Menunya

Warga yang mendapatkan informasi tersebut, tentu saja langsung geger. Bahkan ada yang tidak percaya ketika mendapatkan kabar itu.

Akhirnya mereka mengikuti petani tersebut untuk melihat langsung kadu yang berukuran besar di aliran Sungai Cisanggarung.

Dalam waktu singkat, tempat tersebut kemudian ramai dengan warga. Bahkan tidak hanya 1 sampai 2 hari saja. Tempat tersebut mendadak ramai dengan warga yang datang.

Informasi ini kemudian sampai juga ke telinga ngabai. Bahkan mengutus anak buahnya untuk mengecek ke lokasi.

BACA JUGA:Mengenal 6 Kelebihan Janda Bolong Varigata Dibandingkan Tanaman Hias Lain, Yuk Simak

Kadu itu, lantas dibawa ke rumahnya. Lantaran penasaran, kemudian dikupas dan dapat dibuka menjadi 7 bagian.

Sehingga cerita kadu tersebut kemudian menjadi sangat terkenal dan menjadi perbincangan tidak hanya bagi masyarakat setempat, tetapi di luar daerah lainnya.

Dilansir dari laman Budaya Indonesia, riwayat penemuan buah durian atau kadu berukuran besar tersebut, kemudian menjadi latar belakang asal usul nama dari Desa Kadugede.

Bahkan untuk mengenang kisah tersebut, dibuatlah sebuah tugu yang berada di sekitar jalan utama. Tugu tersebut berupa buah durian yang berukuran besar.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Keluarga di Kuningan Terbaik dan Terbaru, Salah Satunya Mirip di Ubud Bali

Menariknya, meski bernama Desa Kadugede, tetapi sebenarnya desa ini bukanlah penghasil buah durian.

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuningan, Desa Kadugede justru merupakan darah penghasil kopi, cengkih, kelapa, pala, vanili, kemiri, dan kapok.

Nah itulah kisah mengenai asal usul Desa Kadugede, Kabupaten Kuningan yang berkaitan dengan penemuan buah durian berukuran besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: