Saat Pj Bupati Kuningan Tertarik dengan Gunung Tilu, Ekspedisi Sampai ke Puncak, Lihat Situs Batu Naga

Saat Pj Bupati Kuningan Tertarik dengan Gunung Tilu, Ekspedisi Sampai ke Puncak, Lihat Situs Batu Naga

Pj Bupati Kuningan, R Iip Hidajat melakukan ekspedisi ke Gunung Tilu, Kabupaten Kuningan.-Forkopim Pemkab Kuningan-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kenapa Kucing Suka Menghilang dan Bersembunyi Saat Mau Mati? Ternyata Ini 5 Alasannya, No. 2 Bikin Terharu!

Kembali ke ekspedisi dari Pj Bupati Kuningan, kegiatan tersebut sekaligus melihat titik rupabumi atau triangulasis atau batas daerah antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Jawa Barat ada di Kabupaten Kuningan dan Jawa Tengah di Kabupaten Cilacap dan Brebes. Titik kulminasinya ada di puncak Gunung Tilu," kata dia.

Mengenai Situs Batu Naga, Raden Iip Hidajat menyatakan bahwa keberadaannya menunjukkan bahwa ada peradaban luar biasa di Kabupaten Kuningan pada era tersebut.

"500 sebelum Masehi sudah ada situs ini. Ini menunjukkana kepada kita bahwa ada peradaban luar biasa pada saat itu," tuturnya.

BACA JUGA:Jangan Diusir! Inilah 5 Tanda Kucing Liar Masuk Rumah Dalam Islam, Bisa Jadi Bawa Rezeki

Tidak hanya mengunjungi Gunung Tilu, Raden Iip kemudian melanjutkan perjalanan ke Goa Indrakila di Desa Karangkancana.

Dirinya melihat ada potensi pengembangan wisata ke depan, tetapi tidak boleh mengganggu habitat.

"Saya lihat banyak kelelawar karena habitatnya di sini. Ini bisa jadi potensi wisata di wilayah Kuningan Timur," tandasnya.

Sebagai informasi, Gunung Tilu memiliki kawasan hutan yang berstatus hutan alam dan hutan lindung dengan keanekaragaman hayati yang sangat beragam.

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Telur Setiap Hari yang Perlu Anda Ketahui; Nomor 4 Khusus Buat Kamu yang Sedang Diet!

Di bawah Gunung Tilu juga terdapat permukiman penduduk yang relatif padat. Kemudian terdapat hutan produksi dengan tanaman jati dan pinus.

Ada juga hutan yang sudah dibuka untuk perkebunan dan sawah. Sementara pengelola dari kawasan hutan adalah Perum Perhutani KPH Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: