Kecantikan Nyi Mas Sekar Paton yang Memikat Sultan Cirebon dan Mataram, Jadilah Desa Bunigeulis

Kecantikan Nyi Mas Sekar Paton yang Memikat Sultan Cirebon dan Mataram, Jadilah Desa Bunigeulis

Petilasan Nyi Sekar Paton di Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan.-Penjelajah Muda - Tangkapan Layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Nyi Mas Sekar Paton menjadi tokoh sentral dalam pembentukan Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan.

Dikisahkan, Nyi Mas Sekar Paton adalah sosok gadis cantik yang memikat hati banyak pria. Bahkan, Sultan Cirebon dan Sultan Mataram pun diceritakan terpikat.

Bahkan, mereka mengutus orang-orang kepercayaannya untuk datang dan melamar sosok perempuan yang disebut berambut panjang lurus itu.

Nyi Mas Sekar Paton menjadi cerita tutur turun temurun bagi warga Desa Bunigeulis. Meski lebih cenderung ke legenda atau mitos, tetapi ada tempat-tempat yang diyakini menjadi petilasan dari sang dewi.

BACA JUGA:Inilah 3 Cara Pintar Mengusir Kucing yang Ingin Buang Kotoran Sembarangan, Membuat Jera dan Sangat Ampuh!

Desa Bunigeulis sendiri merupakan sebuah pedukuhan yang berawal dari Kampung Karangsari.

Kampung itu, mendadak heboh dengan kedatangan Nyi Mas Sekar Paton yang tinggal di rumah warga desa setempat.

Kedatangan Nyi Ratu Sekar Paton itu, kemudian membuat geger dan terdengar sampai ke Sultan Cirebon dan Sultan Mataram.

Desa ini, berawal dari Kampung Karangsari yang ketika itu baru terdapat 20 bangunan. Adapun penduduk pertama adalah Buyut Gedut dan Aki Lasah.

BACA JUGA:Daftar Rekomendasi Mobil SUV Bekas Mewah 200 Jutaan di Kuningan, Bisa Bikin Tambah Lakik!

Setiba di Kampung Karangsari, wanita tersebut menemui Ki Buyut Gedut dan Aki Lasah. Kemudian ditanyakan maksud dan tujuan kedatangannya.

Tak diduga, wanita itu menyatakan keinginan untuk tinggal di Kampung Karangsari dan memperkenalkan namanya adalah Nyi Mas Sekar Paton.

Selama di Kampung Karangsari, Nyi Mas Sekar Paton tinggal di rumah Aki Lasah. Namun, kedatangan wanita cantik tersebut lantas jadi pembicaraan.

Singkat cerita, kejadian itu sampai terdengar oleh Keraton Cirebon dan pada waktu itu, Sultan Cirebon sampai mengirim utusan untuk meminang wanita cantik tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: