Cara Menangani Ular Berbisa Masuk Rumah, Panji Petualang dan Damkar Kasih Tips Ini, Ada Langkah STOP!

Cara Menangani Ular Berbisa Masuk Rumah, Panji Petualang dan Damkar Kasih Tips Ini, Ada Langkah STOP!

Cara menangani ular berbisa masuk rumah dengan tips dari Panji Petualang dan petugas Damkar.-Panji Petualang Channel-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COMMusim hujan menjadi waktu ideal bagi ular untuk bertelur dan menetas, karenanya banyak ditemukan beberapa jenis reptil tersebut di sekitar rumah.

Terutama pada lingkungan perumahan yang lokasinya dekat sungai, sawah, semak maupun lahan kosong.

Seringkali terjadi kondisi tidak terduga ada ular berbisa seperti ular kobra maupun tidak berbisa masuk ke dalam rumah.

Kondisi ini, tentu bisa menimbulkan kepanikan. Terutama pada masyarakat awam yang tidak dapat menangani ular berbisa.

BACA JUGA:Unik dan Gemas! Inilah 7 Perilaku Kucing yang Menandakan Ia Nyaman Berada Di Dekatmu, yang Jarang Disadari!

Oleh karena itu, ada beberapa cara dan langkah yang dibagikan oleh Panji Petualang untuk menangani ular berbisa yang masuk ke dalam rumah.

Kendati demikian, Panji mengingatkan, sebisa mungkin jangan membunuh ular. Sebab, mereka adalah predator alami untuk hewan lain seperti tikus dan sejenisnya.

“Di rumah dan ular masuk, bijaksana supaya bisa di-rescue dengan baik. Kalau bisa jangan sampai dibunuh,” kata Panji Petualang.

Dijelaskan Panji Petualang, masyarakat bisa memanfaatkan alat sederhana untuk mengatasi ular. Misalnya sapu, tongkat pel atau benda yang bisa dipakai untuk mengusir ular.

BACA JUGA:BERBAHAYA! 5 Macam Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bisa Bikin Keracunan! Pemilik Kucing Harus Tahu!

“Gunakan sapu untuk mengendalikan pergerakan. Kemudian masukan ke dalam kantong bila memang mampu melakukannya,” katanya.

Namun bila tidak bisa, segera panggil bantuan baik kepada tetangga atau petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat.

Hal penting yang perlu dilakukan adalah selama memanggil bantuan, pantau posisi ular agar diketahui pergerakan dan posisi terakhir.

Ini akan memudahkan proses melakukan rescue, ketimbang membiarkan ular mencari persembunyian dan masuk ke area lain di dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: