Bukan Cacing Melainkan Ular! Yuk Kenalan Dengan Ular Kawat Yang Lucu dan Imut Ini

Bukan Cacing Melainkan Ular! Yuk Kenalan Dengan Ular Kawat Yang Lucu dan Imut Ini

ular kawat-pinterest-radarkuningan.com

Ular logam dewasa mempunyai ukuran tubuh maksimal panjang 15 sampai 20 cm dan diameter 1 sampai 2 mm. Sedangkan ular muda hanya berukuran panjang sekitar 3-5cm.

Ular logam dengan kepala tumpul dan ekor agak meruncing. Tubuh ular metalik ditutupi sisik lembut mengkilat, dengan pola serupa dari ujung kepala hingga ekor.

Ular terkecil di dunia dikenal juga dengan nama ular buta, dimana matanya hanya terlihat seperti titik-titik kecil di bawah sisik transparan.

Hal ini membuat ular logam tidak dapat melihat sekelilingnya namun masih dapat membedakan intensitas cahaya.

Meskipun biasanya berwarna coklat tua, ular metalik memiliki variasi warna lain dalam spesies yang sama, seperti abu-abu arang, abu-abu perak, kuning krem, ungu, merah, dan bahkan albino.

BACA JUGA:Ternyata Ular Tidak Takut Garam! Inilah 7 Cara Alami Mengusir Ular yang Ampuh, Bisa Dengan Bahan di Rumah

BACA JUGA:Ternyata Ini 5 Pertanda Ular Kawat Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Apakah Bawa Sial?

3.Makanan

Karena ular logam mempunyai tubuh yang kecil, jelaslah bahwa mereka juga mempunyai mulut yang kecil. Ular logam tidak mempunyai taring dan tidak berbisa.

Makanan utama ular terkecil di dunia terutama telur, larva dan kepompong semut dan rayap. Mereka juga memakan artropoda kecil dan telurnya.

4.Perilaku

Salah satu perbedaan antara ular kawat dan cacing tanah adalah temannya yang cerdas dapat melihat dari perilakunya.

Dibandingkan cacing, ular kawat mempunyai perilaku yang lincah dan bergerak cepat di tanah untuk menggali atau mencari tempat yang terlindung dari cahaya.

Oleh karena itu, ular tali relatif lebih aktif pada malam hari saat tidak ada sinar matahari. Meski ada juga yang bisa ditemukan pada siang hari.

Mirip dengan perilaku ular lainnya, jika didekati manusia atau hewan lain yang dianggap mengganggu, mereka akan bereaksi cepat untuk segera melarikan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: