Gampang Banget! Begini Cara Memelihara Leopard Gecko, Reptil Warna-Warni Yang Menggemaskan

Gampang Banget! Begini Cara Memelihara Leopard Gecko, Reptil Warna-Warni Yang Menggemaskan

Cara Memelihara Leopard Gecko-Freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Leopard gecko merupakan salah satu dari banyaknya jenis reptil yang kerap menjadi hewan peliharaan bagi beberapa pecinta reptil

Karakteristik yang menjadi ciri khas bagi hewan ini adalah tubuhnya yang memiliki jutaan corak warna yang berbeda, tampak wajahnya yang terlihat selalu tersenyum setiap saat, dan mata besarnya yang menggemaskan, menjadikan leopard gecko pilihan pertama untuk dipelihara pecinta hewan-hewan lucu.

Ukuran dari hewan ini sendiri cenderung kecil, adapun jenis yang paling besar dari hewan ini adalah jenis Giant, yang mana bisa mencapai kepalan tangan manusia dewasa. 

Tapi jangan salah sob, meski ukurannya kecil, leopard gecko dapat berumur panjang apabila kamu memeliharanya dengan baik. Umurnya bisa sampai lebih dari dua puluh tahun!

BACA JUGA:Kenali 4 Penyebab Cacing Hitam Muncul di Lantai Kamar Mandi, Ternyata Sumber Air Juga Berpengaruh Lho!

Meski memiliki umur panjang, bukan berarti cara kamu merawat hewan ini tidak mengganggu faktor usianya yang panjang ya sob, tentunya cara kamu merawat pun memengaruhi usia hidup hewan ini.

1. Menyiapkan Kandang

Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum memelihara leopard gecko adalah kandang. 

Sebelum kamu memutuskan untuk memelihara leopard gecko, pastikan kamu memiliki kandang terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kandang adalah tempat makan, tidur, hingga membuang kotoran tubuhnya untuk hewan peliharaanmu.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Jalan Cikijing - Kuningan Belum Bisa Dilalui sampai Batas Waktu yang Tidak Dapat Ditentukan

Adapun kamu dapat menyiapkan aquarium ukuran 30 x 15 x 19 cm yang dialaskan dengan cocopeat atau pasir halus agar leopard gecko peliharaanmu dapat menggaruk-garuk dengan leluasa. Jika kamu tidak memiliki aquarium, kamu dapat menggunakan wadah plastik yang luas dan tinggi untuk kandangnya, mudah bukan?

2. Makanan dan Kebersihan

Leopard gecko adalah pemakan serangga alias insectivora, artinya untuk memenuhi kebutuhan kalsium, nutrisi, dan protein sehari-hari kamu dapat memberinya serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, dan serangga lainnya. 

Kamu juga dapat membeli kalsium yang dibuat khusus untuk reptil, dengan tujuan untuk menjaga kesehatannya dan menjaga vitalitas leopard gecko untuk tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: