Menurut Arkeolog UI, Charles Darwin Tak Pernah Berteori Manusia Berasal dari Kera, Lalu Siapa?

Menurut Arkeolog UI, Charles Darwin Tak Pernah Berteori Manusia Berasal dari Kera, Lalu Siapa?

Arkeolog Ali Akbar menyampaikan pendapat terkait buku Charles Darwin. -Ali Akbar Berkabar - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Salah satu peneliti yang banyak disalahpahami adalah Charles Darwin. Dia selalu disebut-sebut yang berteori tentang manusia itu berasal dari kera.

Padahal menurut Arkeolog Universitas Indonesia (UI) Ali Akbar, banyak yang salah paham terhadap apa yang pernah ditulis Charles Darwin itu.

Diungkapkan Ali, ternyata Darwin tidak pernah mengatakatan jika manusia itu berasal dari bangsa monyet

Justru karikatur salah satu media ketika itu yang menuduh peneliti asal Inggris tersebut seolah berteori jika manusia bernenek moyang bangsa monyet.

BACA JUGA:Mau Punya Taman Bergaya Jepang? Tanam 5 Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Ala Jepang Berikut

Karena itu Ali meminta agar jangan terjebak dan sesat. Sebaiknya memang harus diluruskan tentang teori yanh ternyata tidak pernah diungkapkan oleh pembuat teori itu sendiri.

Charles Robert Darwin adalah peneliti yang lahir pada 12 Februari 1809 dan meninggal pada 19 April 1882. Dia dikenal sabagai seorang naturalis dan ahli geologi asal Inggris. 

Sosok yang paling banyak kontribusinya terhadap biologi evolusioner. Dia yang menulis buku berjudul “On The Origin of Species dan The Descent of Man”. 

Buku inilah yang membuat sang penulis banyak disalahpahami. Namanya pun disebut-sebut sebagai pembuat terori jika manusia itu berasal dari kera.

BACA JUGA:Hati-hati! 5 Jenis Tanaman Hias yang Berbahaya bagi Hewan Peliharaan di Rumah, Salah Satunya ada Lidah Mertua

Ali Akbar dalam bedah buku di Taman Ismail Marzuki Jakarta mengungkap kesalahpahaman yang ditujukan dalam buku “On The Origin of Species dan The Descent of Man” itu.

“Kalau kita seliweran info soal Darwin, kita tahunya dia itu yang mengatakan manusia dari kera. Tapi setelah saya baca bukunya yang 500-an halaman itu, dia nggak ngomong itu sama sekali," kata Ali Akbar.

Buku On The Origin of Species yang terbit 1859, fokus membahas hewan dan tumbuhan. Darwin membahas Teori Evolusi sebagai hasil dari seleksi alam dan prinsip yang kuat yang bertahan hidup. Di buku itu, Darwin tidak mengatakan manusia berasal dari kera.

"Mengenai asal usul manusia, dia bilang 'light will be thrown on the origin of man and his history'," ungkap Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: