Inilah Profil 3 Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Ciremai, Tingal Pilih, Lewat Kuningan atau Majalengka

Inilah Profil 3 Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Ciremai, Tingal Pilih, Lewat Kuningan atau Majalengka

Profil jalur pendakian Gunung Ciremai yang dapat digunakan menuju puncak.-BTNGC-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Untuk mencapai puncak Gunung Ciremai, ada 3 jalur pendakian yang bisa dipilih oleh para pendaki. Ada 2 jalur yang berada di Kabupaten Kuningan dan 1 jalur berlokasi di Kabupaten Majalengka.

Walau pada umumnya tidak gampang untuk mencapai puncak gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut, namun di setiap jalur memiliki sensasi tersendiri dan tingkat kesulitan yang beragam.

Dari sisi timur atau dari Kabupaten Kuningan ada 2 jalur yang bisa dipilih menuju puncak Gunung Ciremai. Yakni Jalur Palutungan di Kecamatan Cigugur dan Desa Linggarjati di Kecamatan Cilimus.

Sementara dari Kabupaten Majalengka hanya ada 1 jalur. Yakni jalur Apuy atau Cipanas. Jalur pendakian  Apuy terletak di Dusun Apuy Desa Argamukti Kecamatan Argapura.

BACA JUGA:Mengenal 6 Jenis Tanaman Kuping Gajah yang Tampilan Daunnya Unik, Cocok Dipajang di Ruang Tamu

1. Jalur Linggarjati

Jalur pendakian ini menjadi pilihan utama para pendaki. Padahal jalur ini lebih curam dan sulit. Tingkat kemiringan sampai 70 derajat. Ditambah di jalur ini hanya ada mata air hanya terdapat di Cibunar.

Bila sampai Desa Linggarjati, tinggal berjalan lurus, kurang lebih 1/2 jam. Ikuti saja jalan desa dan melewati hutan pinus.

Setelah itu sampai di Cibunar. Di lokasi ini ketingiannya mencaoai 750 meter di atas permukaan laut (mdpl).

BACA JUGA:Oh Ternyata! Inilah 8 Penjelasan Ular Kawat yang Jarang Diketahui, Belajar Lebih Mendalam Tentang Ular Kawat

Di Cibunar akan menjumpai jalan bercabang. Bila ke arah kiri akan menuju sumber mata air. Jika lurus akan menuju arah puncak. 

Persediaan air hendaknya dipersiapkan di Cibunar untuk perjalanan pulang pergi. Sebab, setelah ini tidak ada lagi mata air. 

Dari Cibunar, sudah mulai mendaki melewati perladangan dan hutan pinus. Kemudian akan melewati Leuweung Datar di ketinggian 1.285 mdpl, Condang Amis (1.350 mdpl) dan Blok Kuburan Kuda (1.580 mdpl).

Di Blok Kuburan Kuda bisa mendirikan tenda. Dari Cibunar sampai ke blok ini dibutuhkan waktu kira-kira 3 jam lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: