Inilah Profil 3 Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Ciremai, Tingal Pilih, Lewat Kuningan atau Majalengka

Inilah Profil 3 Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Ciremai, Tingal Pilih, Lewat Kuningan atau Majalengka

Profil jalur pendakian Gunung Ciremai yang dapat digunakan menuju puncak.-BTNGC-radarkuningan.com

BACA JUGA:87 Tahun Lalu Gunung Ciremai Meletus, Sebaran Abu Capai 52.500 Km Persegi, Pernah Timbulkan Gempa Dahsyat

Setelah itu jalur akan semakin curam. Melewati Pengalap (1.790 mdpl) dan Tanjakan Binbin (1.920 mdpl). Banyak palem merah di Tanjakan Binbin ini.

Kemudian melewati Tanjakan Seruni (2.080 mdpl) dan Bapa Tere (2.200 mdpl). Nah, setalah itu baru sampai di Batu Lingga di ketinggian 2.400 mdpl.

Di tempat ini terdapat batu cukup besar di tengah jalur. Konon, batu tersebut merupakan dasar kawah gunung Gunung Ciremai.

Perjalanan dari Kuburan Kuda sampai ke Batu Lingga ini memakan waktu sekitar 3-4 jam. Di beberapa pos, dapat menjumpai nama tempat-tempat tersebut, walaupun kadang kurang jelas karena dirusak. 

BACA JUGA:Bolehkah Meletakkan Lidah Mertua di Kamar Tidur? Ini 5 Manfaat Lidah Mertua di Kamar Tidur, Sangat Perlu!

Dari Batu Lingga akan melewati Sangga Buana Bawah (2.545 mdpl) dan Sangga Buana Atas (2.665 mdpl).

Dari tempat ini bisa memandang pantai Cirebon dengan jelas. Di tempat ini juga akan lebih mudah menjumpai burung-burung. 

Setelah itu akan sampai di Pengasinan (2.860 mdpl). Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Batu Lingga.

Di sekitar Pengasinan ini akan dijumpai Edelweis Jawa (Bunga Salju) yang langka. Walau dari waktu ke waktu semakin berkurang populasinya. 

BACA JUGA:Benarkah Tanaman Lidah Mertua Dapat Mengusir Ular? Yuk Simak 5 Keistimewaan Tanaman Lidah Mertua Disini

Dari Pengasinan langsung menuju puncak Sunan Telaga atau Sunan Cirebon (3.078 mdpl). Membutuhkan waktu setengah jam lagi, dengan melewati jalur berbatu terjal.

Dari puncak, akan menyaksikan pemandangan kawah-kawah Gunung Ciremai yang fantastis. Bila cuaca cerah juga dapat menikmati panorama yang menarik ke arah Cirebon, Majalengka, Laut Jawa, Gunung Slamet dan gunung-gunung di Jawa Barat. 

Pemandangan lebih menarik akan dijumpai pada waktu matahari terbit dari arah Laut Jawa. Suhu di puncak bisa mencapai 8 -13 derajt Celcius. 

Dari puncak ke arah kanan bisa menuju ke kawah belerang yang ditempuh dalam 1,5 jam perjalanan. Untuk mengitari puncak dan kawah-kawahnya, diperlukan waktu 2,5 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: