Sejarah Desa Sukamukti Kuningan, Mantra Ki Gandri: Yang Berbuat Jahat Pasti Tertangkap

Sejarah Desa Sukamukti Kuningan, Mantra Ki Gandri: Yang Berbuat Jahat Pasti Tertangkap

Sejrah Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan yang awalnya diberi nama oleh Mbah Kuwu Cirebon.-Rian Jagur - Tangkapan layar-radarkuningan.com

Dalam perjumpaan itu, Pangeran Cakrabuana atau Mbah Kuwu Cirebon menyanggupi untuk memberikan nama pada kampung tersebut.

Menariknya, ketika hendak memberikan nama Mbah Kuwu Cirebon tertarik dengan sosok anak laki-laki yang menemani Ki Gandri.

BACA JUGA:Kenapa Tanaman Anthurium Dikenal Dengan Kuping Gajah? Yuk Kenalan sama Tanaman Hias Ini

BACA JUGA:6 Larangan saat Menangani Korban Gigitan Ular Berbisa, Bukan Diikat Kencang, Awas Bisa Fatal

Sosok anak laki-laki tersebut tampan, tutur katanya baik, tingkah laku dan cara berpakaiannya pantas meski berasal dari sebuah kampung.

Karena itu, Mbah Kuwu Cirebon memberikan nama Sedamecak dari kata Seda atau anak dan Mecak yakni pantas, yang artinya adalah 'anak yang pantas'.

Kedekatan Desa Sukamukti dengan Kesultanan Cirebon juga terlihat dari hubungan kedua daerah, terutama saat pembangunan Masjid Agung.

Pada waktu itu, Ki Gandri dimintai tolong untuk mendatangkan 200 batang bambu yang akan dipakai dalam pembangunan masjid.

BACA JUGA:Ada Bercak Kuning di Tanaman Hias? Lakukan 5 Cara Mengatasi Daun Kuping Gajah Menguning Berikut

BACA JUGA:Kualitas Tetap Terjamin! Dengan Uang 4 Juta Bisa dapat iPhone Apa? Ini Dia 3 Rekomendasinya

Ki Gandri menggunakan kesaktiannya agar dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat.

Setiba di Cirebon, Mbah Kuwu menyampaikan bahwa ada suatu kejadian luar biasa di Sedamecak yang memerlukan kehadiran Ki Gandri.

Lantaran merasa ada suatu hal yang darurat, Ki Gandri pun menggunakan kesaktiannya disertai dengan suara geledek dan angin kencang hingga membuat masyarakat ketakutan.

Dari peristiwa ini, nama Kampung Sedamecak lantas berubah menjadi Sadamecat yang berasl dari kata Sada berarti suara dan mecat berarti gemuruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pemdes sukamukti