Jangan Dibunuh! Berikut Mitos Larangan Membunuh Ular Weling Menurut Adat Jawa

Jangan Dibunuh! Berikut Mitos Larangan Membunuh Ular Weling Menurut Adat Jawa

larangan membunuh ular weling-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Selain ular tanah dan juga ular kobra jawa, masih ada beberapa jenis ular yang seringkali ditemukan disekitar rumah dan bahkan masuk ke dalam rumah.

Salah satunya adalah ular weling, ular yang memiliki warna belang putih dan hitam ini seringkali ditemukan di perkebunan atau semak belukar dekat rumah warga.

Sama seperti saudaranya yaitu ular welang, ular weling ini memiliki bisa yang sangat mematikan, dan tergolong salah satu ular yang agresif.

Dalam beberapa kasus, para warga yang tinggal di pedesaan yang dekat dengan sawah atau perkebunan seringkali melihat ular ini melintas, dan bahkan masuk kedalam rumah warga.

BACA JUGA:Kenalan Lebih Dalam Dengan Tanaman Ular Yang Satu Ini, Apa Saja Manfaat Lidah Mertua Bagi Kesehatan?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengevakuasi ular ini ke habitatnya dengan aman, namun sebagian orang lebih memilih untuk membunuhnya secara langsung.

Akan tetapi, dalam adat Jawa, membunuh ular weling ternyata akan membawa keburukan bagi pemilik rumah dan yang membunuhnya.

Berbagai mitos tentang ular weling ini pun terus berkembang, kira-kira apa saja mitos larangan membunuh ular weling ini? Berikut rangkumannya untuk anda.

1. Dapat Membawa Malapetaka

Dalam adat Jawa, ular weling seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis dan akan membawa keburukan serta malapetaka bagi siapa saja yang berani menyakitinya atau bahkan membunuhnya.

BACA JUGA:Apa Makanan Ular Kawat? Mengenal Spesies Si Ular Kecil Mungil Yang Jinak

Mereka percaya bahwa jika ular ini disakiti atau bahkan dibunuh, pasangan ular weling ini akan kembali ke rumah seseorang yang membunuhnya dan akan menggigitnya.

2. Bisa Jadi Merupakan Jelmaan Jin

Dalam agama Islam, sudah dituliskan tentang hukumnya membunuh seekor ular yang masuk atau berada di dalam rumah kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: