Sekda Dian Respon Keluhan Warga, Ajak Kepala PUTR, Langsung Tinjau Kerusakan Jalan Cidahu-Luragung

Sekda Dian Respon Keluhan Warga, Ajak Kepala PUTR, Langsung Tinjau Kerusakan Jalan Cidahu-Luragung

Karena anggaran pemeliharaan terbilang minim, maka perbaikan ruas jalan Luragung-Cidahu tidak seluruhnya dilakukan. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN-.COM- Terbatasnya anggaran pemeliharaan jalan yang dianggarkan Pemkab Kuningan, menyebabkan tidak semua ruas jalan kabupaten yang mengalami kerusakan mendapat alokasi perbaikan.

Misalnya ruas jalan milik kabupaten dari Cidahu sampai Desa dan Kecamatan Luragung. 

Rencana rehabilitasi jalan yang membentang sepanjang 5,4 kilometer ini sebenarnya sudah diagendakan oleh Dinas PUTR Kuningan di tahun 2023.

Namun untuk penganggarannya bukan dari APBD Kabupaten Kuningan melainkan dari pemerintah pusat.

BACA JUGA:5 Alasan Kenapa Kucing Makan Cicak, Apakah Mereka Doyan?

Kepala Dinas PUTR Kuningan, I Putu Bagiasna sempat menjelaskan, ada beberapa ruas jalan kabupaten yang sudah diajukan ke pusat untuk anggarannya.

Diantaranya ruas Cidahu-Luragung, Ciniru-Cageur dan juga jalan lingkar timur selatan (JLTS).

"Kami sangat memperhatikan ruas jalan kabupaten yang kondisinya rusak. Tapi upaya pemeliharaan jalan tidak bisa dilakukan kontinyu karena anggaran yang terbatas. Untuk tahun 2024 saja, anggaran pemeliharaan jalan hanya Rp3 miliar. Sedangkan banyak jalan yang dalam kondisi rusak," papar I Putu Bagiasna, Rabu 3 April 2024.

BACA JUGA:Gempa Taiwan 3 April 2024, Bagaimana Dampaknya ke Indonesia? BMKG Kasih Penjelasan

Saat ini, lanjut Putu, upaya perbaikan jalan poros Luragung-Cidahu sedang dilakukan. Namun karena terbatasnya sumber anggaran, maka penambalan badan jalan tidak seluruhnya dilakukan.

Hanya sepanjang 2,5 kilometer yang perbaikannya dimulai dari Desa Luragung dari total panjang ruas jalan itu yakni 5,4 kilometer.

"Perbaikan jalan ruas Luragung-Cidahu sedang kami lakukan. Malahan hari ini sudah memasuki hari keenam perbaikan jalan di ruas tetsebut. Karena pabrik AMP pada hari Minggu, maka pengerjaan perbaikan jalan juga selesai," tambah Sub Kor Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR Kuningan, Budi Heryadi.

BACA JUGA:Menarik! 6 Arti Mimpi Kucing yang Penuh Makna, Ternyata Bisa Melambangkan Sesuatu Dalam Hidup

Sementara gerak cepat dilakukan Sekda H Dian Rachmat Yanuar. Begitu ada keluhan warga Cidahu terkait kerusakan jalan yang belum diperbaiki, Sekda Diab langsung mengajak Kepala Dinas PUTR, I Putu Bagiasna untuk meninjau ke lapangan, Rabu 3 April 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: