Berbahaya Tapi Ada Dimana-Mana, Inilah Ciri-Ciri Ular Piton Sering Masuk Rumah Warga! Berikut Penjelasannya!

Berbahaya Tapi Ada Dimana-Mana, Inilah Ciri-Ciri Ular Piton Sering Masuk Rumah Warga! Berikut Penjelasannya!

Ternyata inilah ciri-ciri ular piton yang sering masuk rumah warga!-Freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Menjadi salah satu hewan berjenis reptil yang paling berbahaya di dunia, ular menjadi mimpi buruk bagi beberapa masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah pedesaan dan pinggir hutan. Pasalnya, tidak sedikit ular masuk rumah warga dikala keluarga tidak mewaspadai kedatangan hewan berbahaya ini.

Meski penyebab ular masuk rumah warga tidak pernah diketahui penyebab sebenarnya, tapi ternyata jenis ular yang masuk rumah warga pada faktanya mudah untuk kamu kenali. Hal ini disebabkan karena persebaran habitat dan tempat ular berkembang biak di Indonesia sangat sempit, jadi jenis ular-nya itu-itu saja.

Salah satu diantara banyaknya jenis ular yang ditemukan masuk rumah warga ialah ular piton atau ular sanca. Meski tidak berbisa atau beracun, ular ini menjadi parasit tersendiri bagi warga, hal ini karena ular ini kerap ditemukan memakan ternak. Bahkan, pernah ada kasus bayi yang menjadi santapan saat keluarga tengah terlelap.

Untuk bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini, kami akan menjabarkan ciri-ciri ular piton yang sering masuk rumah warga. ciri ular piton yang masuk rumah ini akan dijelaskan secara rinci dan gamblang, sehingga kamu dapat memahami secara baik dan spesifik. Untuk penjelasannya, simak informasi berikut ini!

BACA JUGA:Unik! Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Kucing Mengikuti Kita Ke Kamar Mandi, Pemilik Kucing Wajib Tahu!

Berukuran Panjang dan Memiliki Diameter Tubuh yang Besar

Meski semua ular memiliki ukuran yang cenderung panjang, namun panjang ular piton berbeda dari jenis-jenis ular yang lain. Tidak tanggung-tanggung, saat mencapai usia dewasa, panjang ular piton bisa sampai pada ukuran sepanjang sebelas meter panjangnya. 

Bahkan jenis ular terpanjang yang baru ditemukan di Indonesia saja hanya memiliki panjang ukuran sepanjang enam koma dua puluh lima meter. Selain bisa sepanjang itu, diameter dari tubuh ular piton juga lebih luas dan lebar, tidak seperti jenis ular lainnya yang hanya bisa memanjang, tapi tidak melebarkan tubuh.

Panjang atau lebar tidak membuat ular ini menjadi aman sob, justru hal yang berbahaya dari ular ini adalah fitur panjang dan lebarnya. Jadi jika kamu menjumpai ular yang memiliki panjang yang tidak biasa tapi memiliki diameter tubuh yang lebar pula, kamu dapat memastikan bahwa ular tersebut adalah ular piton.

BACA JUGA:Mau Mudik ke Kuningan? Cek Jadwal Ganjil Genap Tol Jakarta Cikampek Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Catat T

Punya Banyak Jenis, Tapi Didominasi Warna Gelap-Terang

Ular piton memang memiliki banyak jenis yang terdiri dari berbagai warna, baik warna gelap, maupun terang. Namun, ular piton yang biasanya memasuki rumah warga cenderung didominasi oleh ular piton yang memiliki warna cokelat kehitaman yang masih bisa dibilang sebagai warna cokelat muda.

Meski memiliki warna terang, hewan ini didominasi oleh warna gelap-terang yang ada pada ular piton pada umumnya. Dengan begitu, jika kamu melihat ular dengan warna kombinasi yang seperti ini, itu adalah ular piton, dan kamu harus segera menelepon damkar atau pengendali hewan untuk membantumu menanganinya.

Meski tidak memiliki bisa ataupun racun, kekuatan fisik dari ular ini lebih kuat dari jenis ular masuk rumah warga yang lainnya. Kekuatan fisik dari ular piton hampir mampu untuk bisa menyamakan kekuatan dari sang raja ular, Anaconda dan Boa. Terdengar mengerikan, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: