Apakah Kucing Memakan Kadal Bisa Berbahaya untuk Kesehatannya? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Apakah Kucing Memakan Kadal Bisa Berbahaya untuk Kesehatannya? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Kucing makan kadal apakah berbahaya, simak penjelasannya.-Kucing PNS - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan membawa kegembiraan sekaligus tanggung jawab bagi pemiliknya, termasuk dalam memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kucing kerap kali menunjukkan perilaku berburu alaminya, salah satunya dengan menangkap dan terkadang memakan jenis reptil seperti kadal

Jika kucing memakan kadal apakah berbahaya? Pertanyaan ini kadang muncul di benak para pemilik kucing adalah tentang potensi bahaya yang ditimbulkan oleh kebiasaan ini.  

Ketika kucing memutuskan untuk menjadikan kadal sebagai mangsanya, risiko kesehatan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara terbaik untuk melindungi kucing dari potensi bahaya tersebut.

BACA JUGA:Antre Masuk Rest Area di Tol, Ini 4 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Pintu Keluar Tol Ciperna

Berdasarkan informasi dari HILLSPET, kucing boleh saja memakan kadal asalkan reptil tersebut tidak beracun dan bukan berasal dari lingkungan yang kotor.

Kucing memiliki insting alami sebagai pemburu yang handal dan sering kali tertarik pada hewan kecil seperti kadal.

Ketika kucing berhasil menangkap dan bahkan memakan kadal, hal ini menunjukkan bahwa insting alaminya masih sangat terjaga. Namun, penting untuk memastikan bahwa kadal yang dimakan bukanlah jenis yang beracun.

Di area perkotaan yang minim pepohonan atau di pedesaan, kadal yang ditemukan umumnya bukan jenis beracun. Namun, meskipun kemungkinan memakan kadal beracun itu kecil, risiko tetap ada.

BACA JUGA:Kenapa Kucing Mengedipkan Sebelah Matanya? Ternyata ini 4 Alasannya; Salah Satunya Masalah Kesehatan!

Kadal memiliki berbagai mekanisme pertahanan, termasuk kemampuan melepaskan ekor mereka yang dapat menarik perhatian kucing.

Ini bisa berbahaya jika kadal tersebut mengandung racun atau membawa parasit dan penyakit yang bisa menular ke kucing.

Resiko kesehatan serius bisa muncul pada kucing yang memakan kadal terinfeksi, termasuk keracunan yang menimbulkan gejala seperti muntah, diare, demam, kehilangan nafsu makan, kelesuan, bahkan sampai kematian dalam kasus yang parah.

Walaupun terdapat risiko, ada juga manfaat bagi kucing yang memakan kadal, terutama bagi kucing liar yang tidak memiliki pemilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: