Kisah Curug Sidomba, Ditemukan Sekelompok Pelajar SMP saat Hiking, Dulunya Tempat Pemandian Domba

Kisah Curug Sidomba, Ditemukan Sekelompok Pelajar SMP saat Hiking, Dulunya Tempat Pemandian Domba

Kisah Curug Sidomba yang ditemukan pelajar SMP dan kini menjadi objek wisata di Kabupaten Kuningan.-Hendra SPd - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada curug dan objek wisata sangat terkenal di Kabupaten Kuningan. Namanya Sidomba. curug di objek wisata tersebut, konon ditemukan oleh sekelompok pelajar SMP.

Bahkan, curug yang lokasinya tak jauh dari Gedung Perjanjian Linggarjati ini, ditemukan secara tidak sengaja ketika sekelompok pelajar sedang hiking.

Curug yang berada di  Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat ini, dulunya memang menjadi lokasi pemandian domba warga setempat.

Adalah sekelompok pelajar SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) yang konon menemukan curug ini. Pada waktu itu, tahun 2002, siswa-siswi SMP ini sedang menggelar hiking.

BACA JUGA:3 Cara Memotong Kuku Kucing Sendiri dengan Aman, Bermain dengan Anabul Jadi Lebih Aman

Ketika itu, sekelompok pelajar SMP yang beralamat di Jl Pajajaran No 1A Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana ini menggelar hiking. Para pelajar tersebut menyusuri alur sungai yang ada di lereng Gunung Ciremai.

Ketika dari bawah terus menyusuri ke atas sungai tersebut, secara tidak sengaja menemukan sebuah curug yang tidak terlalu tinggi. Curug yang hanya berketinggian sekitar 10 meter ini, dulunya belum memiliki nama.

Tak lama dari penemuan itu, Umar Sjarifudin sosok petinggi di yayasan yang menaungi SMP ITUS, mengembangkan kawasan curug tersebut. Setelah rampung dibangun, kawasan itu diberi nama Curug Sidomba Wisata Air Terjun Kuningan.

Mengapa dinamai Curug Sidomba? Nama tersebut memang merujuk kepada kebiasaan masa lalu masyarakat Desa Peusing di sekitar air terjun tersebut.

BACA JUGA:1 Tahun Umur Kucing Sama Dengan 15 Tahun Umur Manusia? Begini Perbandingan Umur Kucing dan Manusia

Menurut cerita warga setempat, konon di masa silam tempat tersebut menjadi lokasi pemandian domba. Hewan ternak ini, dulu memang banyak dipelihara dan digembalakan di Desa Peusing. 

Karena itu, nama Sidomba tersebut merujuk kepada kebiasaan masyarakat Peusing yang dulu sering memandikan donba di air terjun itu. Akhirnya nama ini menjadi sangat terkenal, setelah dikembangkan menjadi objek wisata.

Dulu, di Peusing memang banyak warganya yang memelihara domba. Keunikan hewan ternak ini adalah jumlah tanduknya yang lebih dari dua. Domba-domba tersebut banyak digembalakan di lokasi yang sekarang menjadi objek wisata.

Sekarang Curug Sidomba Air Terjun Kuningan menjadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Kuningan. Sebagian pengunjung banyak yang tidak tahu kalau Curug tersebut ditemukan tidak sengaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: