Jenis Ular Berbisa Di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui, Awas! Nomor 2 Sering Masuk Atap Rumah!

Jenis Ular Berbisa Di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui, Awas! Nomor 2 Sering Masuk Atap Rumah!

Inilah jenis ular berbisa di Indonesia -Freepik -Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Jenis ular berbisa di Indonesia ada lebih dari 10 spesies yang berbeda. 

Dengan banyaknya jenis ular berbisa di Indonesia, artinya ada banyak jenis ular yang harus kita ketahui. Baik secara karakteristik, bentuk fisik, dan cara penanggulangan ular-ular tersebut. Hal ini dilakukan supaya kita bisa menjaga diri dari ular-ular berbisa, apalagi jika sewaktu-waktu ada ular masuk rumah kita.

Perlu kamu ketahui, jenis ular berbisa di Indonesia, ternyata banyak yang sering masuk rumah warga. Hal ini terjadi karena hancurnya habitat ular, dan ukuran ular yang bisa sangat mudah masuk rumah warga. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang ular berbisa, menyebabkan jatuhnya korban karena digigit ular.

Supaya kamu tidak menjadi salah satu korban gigitan ular karena faktor ketidaktahuan, kamu harus mengetahui ciri-ciri ular berbisa dan jenis ular berbisa di Indonesia. Kali ini, kami telah menyiapkan daftar jenis ular berbisa yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui penjelasannya, simak informasinya berikut ini! 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Bahan Dapur Alami Pengusir Cicak, Bisa Mengusir Cicak Tanpa Perlu Keluar Banyak Biaya!

1. Ular Kobra 

Ular Kobra, menjadi jenis ular pertama yang masuk dalam daftar jenis ular berbisa di Indonesia. Di Indonesia, Ular Kobra juga kerap dikenal dengan nama Ular Sendok. Hal ini dikarenakan bentuk kepala Ular Kobra dapat menyerupai sendok jika tengah merasa terancam.

Ular yang memiliki nama latin Naja ini memiliki bisa yang sangat berbahaya. Kandungan bisa dalam tubuh Ular Kobra, dipercaya dapat membunuh seekor gajah. Racun yang cukup kuat bukan? belum lagi kecepatan ular ini jauh lebih cepat dibanding jenis ular yang lalin. 

Ular Kobra, kerap ditemukan masuk melalui atap rumah warga, dan saluran air. Penyebabnya karena musnahnya habitat Ular Kobra di hutan dan perkebunan. Selain itu, tubuh Ular Kobra yang elastis, dan mudah untuk melipat tubuhnya, membuatnya lebih mudah untuk memasuki rumah warga.

BACA JUGA:Panjang Hampir 2,5 Meter, Bukti Harimau Jawa Ditembak di Gunung Ciremai Tahun 1961, Sisa Kepala Masih Ada

2. Ular Weling

Berbeda dengan Ular Kobra, Ular Weling tidak memiliki bentuk yang spesial. Dengan kata lain, Ular Weling dalam segi bentuk, sama seperti jenis-jenis ular pada umumnya.

Ada hal yang membedakan Ular Weling dan jenis ular yang lain. Salah satunya adalah warna tubuh. Ular Weling, memiliki warna tubuh dan pola tubuh yang selang-seling dalam segi warna. Dengan kata lain, kamu dapat mengenali Ular Weling, jika terdapat pola strip garis pada tubuhnya.

Ular yang memiliki nama latin Bungarus fasciatus ini, memiliki habitat atau tempat tinggal yang dekat dengan pemukiman warga. Tidak heran jika jenis ular ini kerap ditemukan memasuki rumah warga. Kebun pisang, sawah, dan pepohonan, menjadi habitat terbaik bagi Ular Weling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: