Ini Perbedaan Katak Dan Kodok, Hewan Amfibi Yang Serupa Tapi Tak Sama! Simak Penjelasannya

Ini Perbedaan Katak Dan Kodok, Hewan Amfibi Yang Serupa Tapi Tak Sama! Simak Penjelasannya

Perbedaan Katak dan Kodok yang Harus Kamu Ketahui!-Freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Perbedaan Katak dan Kodok, menjadi pembahasan yang tidak ada akhirnya. 

Mengingat perbedaan Katak dan Kodok merupakan jenis hewan yang berasal dari famili yang sama, Katak dan Kodok hampir terlihat tidak memiliki perbedaan sama sekali. Meski begitu, Katak dan Kodok ternyata memiliki perbedaan yang terlihat jelas. Baik perbedaan secara fisik, maupun perbedaan dalam berperilaku.

Katak dan Kodok juga memiliki perbedaan berkembang biak dan pola hidup. Mengenali dan mengetahui perbedaan antara Katak dan Kodok, menjadi hal yang penting karena kebanyakan Katak dan Kodok, ada yang beracun. Itulah yang menjadikannya penting.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan Katak dan Kodok. Kali ini, poin-poin perbedaan fisik dan berperilaku telah di siapkan. Untuk mengetahui perbedaan katak dan kodok demi bisa membedakan kedua jenis hewan ini, yuk, simak informasi dan penjelasannya berikut ini! 

BACA JUGA:Ular Takut Bau Apa? Oh Ternyata Ini 5 Bau yang Ditakuti Ular, Cukup Dengan Bahan yang Ada di Rumah!

Perbedaan Bentuk Fisik

Perbedaan Katak dan Kodok, yang pertama ada pada bentuk fisiknya. Kodok, cenderung memiliki warna gelap, tubuhnya gempal, kulitnya memiliki struktur bintil, dan kulitnya cenderung kasar. Sedangkan katak, memiliki warna yang lebih terang atau eksotis, tubuhnya lebih ramping, dan kulitnya licin. 

Kodok, cenderung berposisi jongkok, hal ini dikarenakan kodok tidak bisa lompat tinggi, dan memiliki kaki yang pendek dan kecil. Sedangkan Katak, posisinya bisa berubah-ubah, dikarenakan memiliki kaki yang panjang, dan bisa lompat tinggi, bahkan bisa melayang di udara selama beberapa detik.

Kodok, sama sekali tidak memiliki gigi. Sedangkan Katak, memiliki gigi yang berfungsi untuk menahan mangsa, dan membantu proses pencernaan. Mata Katak juga menonjol, dan terlihat terang. Sedangkan mata Kodok, sama sekali tidak menonjol, juga hanya terlihat di posisi yang rendah.

BACA JUGA:Rp22 Miliar untuk Perbaikan Jalan dari Bantuan Provinsi, Bikin Rekanan di Kuningan Langsung Melek

Perbedaan Pola Hidup

Tidak hanya perbedaan secara bentuk fisik, Katak dan Kodok juga memiliki perbedaan dalam segi berperilaku atau pola hidup. Hal yang paling dasar adalah tempat tinggal. Katak, cenderung lebih suka menempati tempat yang tidak jauh dari sumber air, sedangkan kodok, tidak terlalu memerlukan air, bahkan hidup di darat.

Perbedaan dalam pola perilaku Katak dan Kodok juga terlihat dari suaranya. Suara Katak, cenderung memiliki suara yang keras dan lebih melengking, Katak juga suka menggunakan suaranya untuk menarik betina. Sedangkan Kodok, memiliki suara yang lebih pelan dari Katak.

Kodok lebih suka aktif di malam hari, yang menjadikannya makhluk nocturnal. Sedangkan Katak, Katak memiliki beberapa jenis yang aktif di siang hari, yang menjadikan katak salah satu makhluk diurnal. Meski begitu, mereka tetap sama-sama berkembang biak secara bersamaan, di waktu yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: