Tidak Hanya Makan Nyamuk! Ternyata Ini Makanan Cicak Yang Bisa Mereka Santap, Simak Penjelasannya!

Tidak Hanya Makan Nyamuk! Ternyata Ini Makanan Cicak Yang Bisa Mereka Santap, Simak Penjelasannya!

Berikut ini adalah makanan cicak yang harus kamu ketahui-Freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Bagi nyamuk, cicak merupakan predator yang menakutkan. cicak tidak hanya memakan nyamuk sebagai konsumsi utamanya. Serangga-serangg kecil juga bisa menjadi target santapan cicak yang kelaparan. 

Perlu diketahui, makanan cicak didominasi oleh serangga. Meski nyamuk termasuk serangga, akan tetapi tidak hanya nyamuk yang menjadi santapan cicak. Ada banyak jenis serangga, dan hewan-hewan kecil yang bisa cicak konsumsi, termasuk cicak yang ada di rumahmu.

Cicak, sering terlihat menggunakan kecepatan dan ketepatannya untuk menangkap serangga dan santapannya dengan mudah.Hal tersebut cicak kerjakan dengan lidahnya yang lengket. Selain lengket, lidah cicak juga bermanfaat untuk menangkap hewan-hewan kecil.

Penasaran dengan apa saja makanan cicak yang bisa mereka konsumsi? Berikut ini adalah beberapa makanan umum yang dimakan cicak. Untuk informasi dan penjelasannya, yuk, simak pembahasan berikut ini! 

BACA JUGA:Ular Takut Bau Apa? Oh Ternyata Ini 5 Bau yang Ditakuti Ular, Cukup Dengan Bahan yang Ada di Rumah!

Serangga-Serangga Kecil 

Cicak makan nyamuk, bukan hanya menjadi sebuah santapan satu-satunya. Cicak juga bisa menyantap serangga-serangga yang lain, khususnya serangga kecil. Serangga-serangga kecil yang dimakan cicak, juga tersebar dalam beberapa jenis, baik yang beracun, maupun tidak.

Ada banyak jenis serangga yang bisa cicak makan. Serangga-serangga kecil yang bisa menjadi santapan untuk cicak, antara lain adalah laba-laba, ngengat, capung, kecoa, semut, hingga lalat. Jika kamu memerhatikannya, seluruh serangga tersebut memiliki kecepatan di atas rata-rata dalam bergerak. 

Lantas apakah cicak menemukan kesulitan dalam mencari mangsa? tentu. Jika membandingkan dengan kecepatan bergerak cicak, bahkan cicak jauh lebih lambat dari mangsa-mangsa cicak itu sendiri. Oleh karena itu, cicak menggunakan kemampuan lidahnya untuk menangkap hewan-hewan yang bergerak cepat tersebut.

BACA JUGA:Rp22 Miliar untuk Perbaikan Jalan dari Bantuan Provinsi, Bikin Rekanan di Kuningan Langsung Melek

Cicak Kecil

Tidak hanya memakan serangga, cicak juga bisa memangsa jenisnya sendiri. Kamu tidak salah dengar, cicak makan cicak, adalah hal yang nyata dan lumrah terjadi di habitatnya. Karena hal ini, cicak menjadi salah satu hewan yang menerapkan kanibalisme.

Meski begitu, cicak tidak serta-merta melakukan kanibalisme tanpa alasan. Cicak memangsa cicak lagi dengan beberapa alasan yang jelas dan logis. Diantara alasan mengapa cicak melakukan kanibalisme dengan jenisnya, adalah perebutan wilayah tempat tinggal, perebutan makanan, serta tidak ditemukannya mangsa untuk dimakan.

Jadi, cicak tidak akan melakukan kanibalisme, jika mangsa yang lain berupa serangga masih ada. Namun, cicak bisa memakan cicak yang lain, jika tidak adanya mangsa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: