Apa Itu VAR? Apakah Merugikan Atau Menguntungkan Dalam Pertandingan Sepakbola? Ini Penjelasannya!

Apa Itu VAR? Apakah Merugikan Atau Menguntungkan Dalam Pertandingan Sepakbola? Ini Penjelasannya!

Apa itu VAR, dan apa fungsi kegunaannya-Pixabay-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pertandingan Semi Final Piala Asia U-23 yang telah berakhir menciptakan banyak tanda tanya. Mulai dari jalannya pertandingan hingga akhir. Salah satunya tentang alat VAR yang digunakan. 

Meski banyak tanda tanya mengenai alat pengambil keputusan ini, sedikit orang mengetahui apa itu VAR. Padahal, VAR memiliki fungsi penting. Salah satu fungsi pentingya, adalah mengambil keputusan saat pertandingan.

Oleh karena itu, bagi kamu pecinta olahraga sepakbola, kamu harus mengetahui Apa itu VAR, dan kegunaan dari alat ini. Karena di era modern sekarang, hampir setiap pertandingan sepakbola, menggunakan alat ini. 

Untuk itu, penting untuk mengetahui definisi VAR secara umum, dan apa kegunaan utamanya. Berikut ini, adalah pembahasan mengenai apa itu VAR, dan kegunaan dari VAR. Simak Penjelasan berikut. 

BACA JUGA:Inilah 6 Warna Cat Rumah yang Dapat Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Definisi VAR 

Melansir dari penjelasan yang dijelaskan oleh International Football Association Board melalui halaman resminya, VAR merupakan akronim dari Video Assistant Referee.  

Jika menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, artinya asisten wasit berbasis video. Seperti namanya, bentuk atau format dari alat ini, adalah video. Alat ini juga menggunakan layar sebagai media penayangannya.

Arti asisten disini, juga tidak berarti secara harfiah. Arti asisten disini bermakna pendukung atau pembantu. Jika wasit kesulitan untuk mengambil keputusan, maka VAR bisa digunakan.

BACA JUGA:Suara Merdu Hingga Dapat Keberuntungan Berlimpah, Begini Rahasia Memilih Burung Perkutut yang Bagus

Fungsi Dan Kegunaan VAR 

Sudah bisa terlihat jelas, dari nama saja Video Assistant Referee. Dari sini, tentunya kamu sudah dapat berpikir jika kegunaan dari alat ini adalah sebagai asisten dari wasit. Wasit sepakbola kerap membutuhkan alat ini.

Untuk apa alat ini dibutuhkan? ada berbagai macam keadaan dan situasi. Situasi yang dapat menggunakan VAR antara lain adalah penentuan offside, dan penentuan pelanggaran. Namun, keadaan-keadaan ini harus bersifat krusial dan penting. 

Mengapa hanya saat penting dan krusial saja? karena keputusan mutlak, tetap berada di tangan wasit. VAR, hanya mempermudah wasit sepakbola untuk mengambil keputusan. Wasit sepakbola dapat melihat tayangan ulang dari VAR, sebanyak mungkin hingga bisa membuat keputusan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: