Kucing Peliharaan Anda Cegukan? Jangan Dibiarkan! Begini Penjelasannya

Kucing Peliharaan Anda Cegukan? Jangan Dibiarkan! Begini Penjelasannya

kenapa kucing bisa cegukan?-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Apakah kucing peliharaan mengalami cegukan? Seperti halnya manusia dan semua mamalia lainnya, jawabannya adalah ya, kucing bisa mengalami cegukan.

Anda mungkin tidak menyadarinya karena cegukan kucing terdengar sedikit berbeda dibandingkan cegukan anjing atau manusia.

Cegukan kucing lebih mirip dengan suara berkicau daripada suara cegukan klasik. Cegukan pada kucing lebih jarang terjadi dibandingkan dengan anjing, dan meskipun biasanya tidak masalah.

Jika Anda memperhatikan bahwa kucing Anda yang sebelumnya tidak pernah cegukan tiba-tiba mulai cegukan, atau jika kucing Anda mulai sering cegukan, itu bisa menjadi indikasi bahwa ada masalah lain yang memerlukan perhatian dokter hewan.

Kenapa Kucing Bisa Cegukan?

Dilansir dari Cats.com Cegukan pada mamalia termasuk kucing disebabkan oleh kejang pada diafragma, otot pernapasan terbesar dalam tubuh. Diafragma terletak di belakang paru-paru, di ujung tulang rusuk.

Otot ini berbentuk seperti kubah dan membantu pernapasan dengan berkontraksi secara ritmis tanpa disadari.

Ketika sesuatu menyebabkan kejang, seperti iritasi pada saraf yang mensuplai diafragma, hal itu menyebabkan cegukan.

Penyebab Cegukan pada Kucing

Ada banyak penyebab cegukan pada kucing. Bola bulu adalah penyebab umum cegukan, dan dapat mengiritasi esofagus dan saraf yang mensuplai diafragma.

Anak kucing mengalami cegukan karena sistem saraf mereka belum sepenuhnya berkembang.

Jika Anda memperhatikan cegukan kucing setelah makan, mungkin kucing Anda makan terlalu cepat dan menelan banyak udara.

Jika kucing dewasa Anda tiba-tiba mulai cegukan, atau cegukan lebih sering dari biasanya, mungkin ada penyakit yang menyebabkan cegukan tersebut.

Kondisi seperti parasit usus, penyakit cacing jantung, asma kucing, penyakit jantung, kanker, alergi makanan, atau bahkan menelan benda asing dapat menyebabkan iritasi pada saraf yang mensuplai diafragma, dan menyebabkan cegukan kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: