Hati-Hati Jangan Sembarangan Memberi Makan pada Kucing, Terutama Keju! Begini Penjelasannya

Hati-Hati Jangan Sembarangan Memberi Makan pada Kucing, Terutama Keju! Begini Penjelasannya

Apakah kucing boleh mengkonsumsi keju?-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Kucing dapat memakan banyak jenis makanan yang juga dimakan manusia, dan beberapa di antaranya bahkan dinilai sehat jika diberikan dalam jumlah yang wajar.

Namun, ada beberapa makanan manusia yang tidak baik untuk diberikan kepada kucing karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan (seperti diare atau muntah) atau karena makanan tersebut memang beracun bagi kucing.

Apakah Aman Memberi Keju kepada Kucing?

Sayangnya, tidak banyak manfaat dari memberikan keju kepada kucing. Meskipun keju jenis apapun (seperti cheddar, Swiss, mozzarella, atau Parmesan) dapat menjadi sumber protein yang sehat bagi manusia, keju tidak cocok dengan kebutuhan nutrisi kucing.

Kucing merupakan karnivora obligat (yang berarti mayoritas diet mereka harus terdiri dari daging), artinya mereka akan sangat memerlukan makanan yang tinggi akan protein tetapi rendah lemak dan karbohidrat.

BACA JUGA:Selain Suka Tidur Di Pangkuan Pemiliknya, Ini Nih 6 Tempat yang Disukai Kucing untuk Tidur dan Bersantai

Hal ini terutama berlaku untuk kucing rumah tangga, yang cenderung memiliki kebutuhan kalori yang lebih rendah secara keseluruhan, sehingga mereka sebaiknya tidak makan makanan yang tinggi lemak.

Meskipun keju memang mengandung protein yang tinggi, keju juga mengandung banyak lemak.

Apakah Keju Buruk untuk Kucing?

Meskipun beberapa dekade lalu dianggap bahwa salah satu camilan terbaik untuk kucing adalah semangkuk susu, sekarang kita tahu bahwa kucing tidak mencerna produk susu dengan baik. Faktanya, intoleransi laktosa adalah sesuatu yang sangat umum pada kucing.

Kucing yang intoleran terhadap laktosa tidak bisa mencerna gula laktosa yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya seperti yogurt dan keju.

BACA JUGA:Apakah Telur Aman Dikonsumsi oleh Kucing? Begini Penjelasan Lengkapnya

Jika kucing mengonsumsi susu, hal itu dapat mengakibatkan gangguan perut yang parah, dengan diare dan terkadang muntah.

Beberapa kucing mungkin sebenarnya dapat mentolerir susu dengan baik, tetapi dari sudut pandang nutrisi, tetap tidak baik memberikan banyak susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: