Situ Tersembunyi di Kampung Halaman Istri Bejo Sugiantoro di Kuningan, Dikelilingi Sawah dan Pepohonan

Situ Tersembunyi di Kampung Halaman Istri Bejo Sugiantoro di Kuningan, Dikelilingi Sawah dan Pepohonan

Situ Cimanglid di Desa Pakembangan, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan.-Fajar Rumawi - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada sebuah objek wisata menarik dan tersembunyi di kampung halaman istri legenda Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro yakni Yetty Rachmawati, di Kabupaten Kuningan.

Objek wisata ini berupa situ ini, lokasinya dikelilingi persawahan dan pepohonan besar. Namanya Situ Cimanglid.

Lokasi Situ Cimanglid berada di Desa Pakembangan Kecamatan Mandirancan. Desa ini merupakan kampung leluhur Yetty Rachmawati. Sosok ini sering dijuluki bobotoh cantik asal Kuningan.

Yetty Rachmawati merupakan isteri dari legenda Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro. Yetty juga ibu dari pemain Persib Bandung Rachmat Irianto atau yang akrab dipanggil Rian.

BACA JUGA:7 Cara Membuat Tikus Kabur Dari Sarangnya, Katanya Peneliti Cukup Ampuh Mengusirnya, Ketahui Yu!

Di kampung leluhur Yetty inilah terdapat Situ Cimanglid. Situ ini lokasinya tersembunyi di ujung desa. Banyak masyarakat yang belum tahu jika di Desa Pakembangan memiliki sebuah situ.

Sebenarnya, lokasi Situ Cimanglid ini berada tak jauh dari jalan raya Mandirancan - Linggarjati. Hanya karena lokasinya di ujung desa menuju lereng Gunung Ciremai, wajar jika banyak yang belum mengetahui.

Seperti diketahui, situ sering pula disebut dengan danau kecil. Situ merupakan salah satu reservoir alami.

Banyak fungsi dari sebuah situ. Di antaranya sebagai penampungan atau resapan air dan pemasok cadangan air tanah. Juga menjadi pendingin suhu udara, pengendalian banjir dan objek wisata.

BACA JUGA:6 Jenis Ular Sawah yang Sering Masuk Rumah, Awas Ada yang Berbisa!

Termasuk Situ Cimanglid. Situ ini merupakan salah satu potensi wisata alam yang sangat indah di Desa Pakembangan, Kecamatan Mandirancan.

Situ Cimanglid menawarkan banyak keunggulan bentang alam berupa cekungan besar yang menyerupai danau. Sangat indah untuk dikunjungi.

Letak situ ini juga sangat menarik. Dikelilingi persawahan sawah milik warga. Juga dilindungi oleh  pohon-pohon besar yang rindang. Hal tersebut menambah pemandangan kian asri.

Yang menarik lagi, Situ Cimanglid juga dijadikan objek buruan pagi para pemancing maniak. Banyak ikan khas kaki Gunung Ciremai yang ada di situ tersembunyi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: