Gadis Amerika, Cassandra Hallett Turun ke Desa, Demi Program Misting Opa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian

Gadis Amerika, Cassandra Hallett Turun ke Desa, Demi Program Misting Opa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Wahyu Hidayah bersama relawan Peace Corps, Cassandra Hallett hadir dalam acara pemberdayaan petani di Desa Kalimanggis Kulon dan Desa Cidahu, Jumat 31 Mei 2024.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Potensi lahan pekarangan di Kabupaten Kuningan, menurut data dari statistik mencapai 10.000 hektare atau 36 persen dari luas lahan pertanian.

Potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penyedia bahan pangan yang bernilai gizi dan memiliki nilai ekonomi tinggi. 

Sampai saat ini, sebagian besar lahan pekarangan masih belum dimanfaatkan sebagai areal pertanaman aneka komoditas pertanian, khususnya komoditas pangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah.

BACA JUGA:Bumbu Dapur Bawang Putih, Sereh dan Lainnya Bisa Mengusir Tikus Bersarang! Ketahui 7 Tips Mengusir Tikus Yu!

Wahyu Hidayah hadir di acara pemberdayaan kelompok wanita tani untuk mengentaskan kemiskinan dan stunting melalui olahan pangan (Misting Opa).

Pemberdayaan ini digelar di Desa Kalimanggis Kulon, Kecamatan Kalimanggis dan Desa/Kecamatan Cidahu, Jumat, 31 Mei 2024.

Wahyu menuturkan program Misting Opa ini merupakan salah satu terobosan Diskatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan.

Tujuannya untuk memanfaatkan lahan pekarangan melalui penanaman sayur-sayuran sebagai sumber pangan yang beragam, bergizi, sehat dan aman serta halal.

BACA JUGA:Momen Rachmat Irianto - Bejo Sugiantoro Mudik ke Kuningan, Sudah Lama Tak Pulang Kampung

“PKK bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam menuntaskan kemiskinan dan stunting melalui olahan pangan tahun 2024 secara optimal. Kegiatan ini diharapkan terlaksana secara berkelanjutan, sehingga ketersediaan pangan dapat terwujud. Serta kemiskinan dan stunting yang menjadi fokus permasalahan dapat dituntaskan," papar Wahyu Hidayah.

Wahyu mengatakan, saat ini program Misting Opa telah dilaksanakan di beberapa desa di wilayah Kabupaten Kuningan.

Antara lain Desa Haurkuning, Desa Situsari, Desa Gunungsari, Desa Margamukti, Desa Tembong, Desa Dukuhlor, Desa Cidahu dan Desa Kalimanggis Kulon. 

BACA JUGA:Diklaim Ampuh Basmi Semut! Ini Cara Basmi Semut Pakai Ampas Kopi, dengan 5 Langkah Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: