Tanggal 1 Juni Selain Harlah Pancasila, Memperingati Hari Apa Saja, Yuk Cek Disini Sekarang Juga

Tanggal 1 Juni Selain Harlah Pancasila, Memperingati Hari Apa Saja, Yuk Cek Disini Sekarang Juga

Kalender Bulan Juni-Pinterest - Tangkapan Layar -radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Berdasarkan penanggalan kalender masehi, tepat hari ini hari Sabtu 1 Juni 2024 diperingati sebagai hari apa saja ya, selain hari Lahir Pancasila di Indonesia, yuk cek di artikel berikut ini. 

Harlah Pancasila selalu diperingati tiap tanggal 1 Juni, karena Pancasila merupakan pedoman penting hidup berbangsa dan bernegara yang mampu menyatukan seluruh lapisan majemuk dan heterogen di Indonesia. 

Momentum Harlah Pancasila juga merupakan warna kesatuan dari setiap hal majemuk di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang heterogen dan berbeda-beda, akan tetapi satu pedoman bernegara yaitu Pancasila. 

Namun, di tanggal 1 Juni sekarang, selain Harlah Pancasila di kancah nasional, jika ditelisik hingga kancah internasional ternyata tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Orang Tua Sedunia dan Hari Kesadaran Terumbu Karang Sedunia lho. Simak disini selengkapnya. 

BACA JUGA:Ini Dia 6 Tanaman Indah dan Memiliki Aroma Wangi Bisa Jadi Dekorasi dan Pembunuh tikus di Rumah, Ketahui Yu

1. Hari Lahir Pancasila 

Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tujuan peringatan ini untuk menghormati perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia sebagai pedoman penting untuk berbangsa dan bernegara. 

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Hari Lahir Pancasila terjadi berkat latarbelakang momentum sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 28 Mei - 1 Juni 1945. Sidang tersebut dihadiri tokoh-tokoh penting seperti Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Kemudian Pancasila disahkan dan disampaikan melalui pidato Presiden Sukarno dengan menandai momentum Harlah Pancasila, dan tujuan utama Pancasila adalah sebagai pedoman hidup yang mampu menyatukan beragam perbedaan di Indonesia dalam satu naungan satu atap satu asas satu prinsip bagi bangsa Indonesia. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Cafe Estetik di Majalengka, Banyak Spot Foto Kece dan Instagenic!

2. Hari Orang Tua Sedunia

Dikutip dari situs resmi PBB, latar belakang peringatan Hari Orang Tua Sedunia berawal pada 1980-an. Karena selama periode tersebut, PBB mulai memperhatikan isu-isu tentang keluarga.

Pada 1983, berdasarkan rekomendasi dari Dewan Ekonomi dan Sosial Komisi Pembangunan Sosial dalam resolusi tentang peran keluarga dalam proses pembangunan (1983/23), memohon kepada Sekretaris Jenderal PBB untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengesahan mengenai peringatan Hari Orang Tua. 

Majelis Umum PBB menetapkan 1 Juni sebagai Hari Orang Tua Sedunia pada 12 September 2012. Peringatan ini dirayakan setiap tahun untuk menghormati jasa-jasa orang tua di seluruh dunia.

BACA JUGA:Inilah 3 Jenis Tanaman Hias Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan dan Cocok Dipajang Area Indoor Ataupun Outdoor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: