Hati-hati! Kucing yang Tidak Terawat dapat Menyebarkan Penyakit Bagi Pemiliknya, Simak Apa Saja Penyakitnya

Hati-hati! Kucing yang Tidak Terawat dapat Menyebarkan Penyakit Bagi Pemiliknya, Simak Apa Saja Penyakitnya

Waspada terhadap virus atau penyakit yang ditularkan oleh kucing yang tidak terawat -Pixabay-radarkuningan.com

BACA JUGA:Bikin Timnas Indonesia Kalah 2-0, Begini Respon Ernando Ari Usai Blunder Lawan Irak

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit Toxoplasma gondii. Keberadaannya cukup umum di dunia dan biasanya orang dewasa dengan sistem imun yang baik tidak memerlukan perawatan medis untuk sembuh dari infeksi. 

Parasit dapat menginfeksi hewan peliharaan seperti burung dan kucing.

Manusia dapat tertular parasit lewat kontak dengan kotoran kucing atau air yang terkontaminasi kotoran, daging mentah yang terkontaminasi dan daging setengah matang.

4. Kriptosporidiosis

BACA JUGA:Agar Tikut Tidak Beranak-pinak, Berikut: 5 Cara Mudah Mengetahi Keberadaan Tikus, Bikin Tikus Mudah Ditangkap!

Kriptosporidiosis adalah diare yang disebabkan parasit Cryptosporidium. Parasit dapat menular pada manusia jika ia kontak dengan feses hewan yang terinfeksi seperti anjing, kucing dan hewan ternak.

Selain diare, infeksi dapat menimbulkan kram perut, demam, kejang, dan muntah. Penyakit dapat sembuh dengan sendirinya, kecuali sistem imun manusia yang lemah maka penyakit ini dapat berakibat fatal. 

5. Infeksi cacing tambang

Hookworm atau cacing tambang dapat hidup di usus anjing dan kucing. Telur cacing dapat keluar bersama feses hewan. Manusia dapat terinfeksi setelah kontak dengan tanah yang mengandung cacing.

BACA JUGA:Lakukan 5 Hal Ini Jika Rumah Tidak Ingin Didatangi Kucing Liar! Cara Mengusir Kucing Tanpa Membuatnya Tersakit

Jika cacing masuk ke tubuh melalui kulit, maka timbul rasa sakit dan gatal luar biasa. Bila tertelan, cacing bakal menimbulkan pendarahan, peradangan dan rasa sakit pada perut.

nfeksi cacing dapat sembuh setelah mengonsumsi obat antiparasit. Demikian beberapa penyakit atau virus yang dapat menular dari kucing yang tidak terawat, oleh karena itu Anda harus berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: