Apa Itu Toxoplasma? Salah Satu Virus Penyakit Yang Ada Pada Tubuh Kucing, Begini Penjelasannya

Apa Itu Toxoplasma? Salah Satu Virus Penyakit Yang Ada Pada Tubuh Kucing, Begini Penjelasannya

Apa Itu Toxoplasma? Ini Penjelasannya-Pixabay-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Siapa sangka kucing yang terkenal dengan hewan peliharaan sejuta umat, ternyata memiliki sebuah virus penyakit berbahaya yang bisa menginfeksi manusia.

Virus yang ada pada tubuh kucing ini, berbentuk seekor parasit. parasit ini memanfaatkan tubuh kucing untuk berkembang biak.

Parasit ini, lebih tepatnya bernama Toxoplasma gondii. Minimnya orang yang mengetahui tentang apa itu Toxoplasma gondii, menyebabkan banyak orang terinfeksi penyakit yang dihasilkan dari parasit ini.

Karena itu, berikut ini adalah penjelasan dan pembahasan singkat tentang apa itu Toxoplasma gondii. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

BACA JUGA:5 Jenis Kucing Peliharaan Untuk Edukasi Anak, Agar Memiliki Karakter Disiplin, Tanggungjawab dan Penyayang

Definisi Toxoplasma 

"Cleveland Clinic", melalui halaman resminya menjelaskan jika Toxoplasma, adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup dan berkembang biak di dalam usus kucing. 

Parasit yang menyebabkan penyakit Toxoplasma, bernama sama seperti penyakit ini. Parasit tersebut bernama Toxoplasma gondii. 

"Better Health Channel", melalui sebuah penjelasan dalam halaman resminya menjelaskan jika parasit Toxoplasma gondii dapat menyebabkan infeksi jangka panjang.

Setelah infeksi, sejumlah kecil parasit dapat tetap terkunci di dalam kista di bagian tubuh tertentu, seperti otak, paru-paru, dan jaringan otot. Infeksi yang tidak aktif tersebut bertahan seumur hidup dan dapat aktif kembali pada orang yang terinfeksi.

BACA JUGA:Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengusir Kucing Domestik! Bikin Kucing Takut dan Tidak Ingin Datang Kembali ke Rumah

Seberapa Berbahaya Toxoplasma 

Toxoplasma disebabkan oleh infeksi akibat parasit Toxoplasma gondii, yang umum terdapat pada kotoran kucing dan makanan yang terkontaminasi. Kotoran kucing, tentunya melewati usus kucing sebelum keluar dari tubuh.

Beberapa sumber menyatakan kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu hamil dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: