Telat Datang? Welber Jardim Batal Bela Timnas Indonesia U20

Telat Datang? Welber Jardim Batal Bela Timnas Indonesia U20

Pemain Timnas Indonesia U20 bersiap mengahdapi Kualifikasi Piala Asia U20. Welber Jardim absen pada laga kali ini.-PSSI-

RADARKUNINGAN - Pelatih Timnas Indonesia U20, Indra Sjafri menjelaskan soal Welber Jardim yang batal tampil di Kualifikasi Piala Asia U20 2025 pada 25-29 September 2024. Welber dicoret karena alasan nonteknis.

Indra mengakui Welber sebenarnya masuk dalam skema permainannya untuk beraksi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Namun, situasi justru berkata lain.

PSSI sudah bersurat dan mendapat restu dari Sao Paulo U-17. Federasi juga telah membelikan tiket Welber, namun tak kunjung datang hingga batas waktu pendaftaran pemain. Aspek itu yang membuat Indra mencoret Welber.

"Klub Welber sudah melepas untuk bergabung dengan Timnas U-20. Tiket pun sudah kami berikan, tetapi sampai detik-detik terakhir pendaftaran, dia tidak datang," kata Indra dalam jumpa pers, Selasa 24 September 2024.

Indra menegaskan tidak pandang bulu dalam mencoret pemain. Juru taktik 61 tahun tersebut juga tak ambil pusing, karena memiliki banyak opsi pengganti Welber.

"Tidak masalah Welber tidak ada, karena yang lain ada. Kami tidak mau bergantung pada satu-dua pemain," ucap Indra.

Kendati dicoret karena terlambat datang, Indra tak menutup pintu buat Welber.

Pemuda 17 tahun tersebut akan dipertimbangkan untuk kembali dipanggil, jika Timnas U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025.

"Kalau izin Allah kita lolos (ke Piala Asia U-20), nanti akan dipertimbangkan apakah dipanggil lagi atau tidak," ujar Indra. 

Sementara itu, sebanyak 23 pemain sudah diresmikan untuk menghadapi laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Turnamen ini akan dimainkan di Stadion Madya, Jakarta mulai tanggal 25 hingga 29 September mendatang.

Garuda Nusantara julukan tim U-20 Indonesia yang menjadi tuan rumah Grup F akan menghadapi Maladewa pada laga pertama, Rabu (25/9). Dua hari berselang, Jumat (27/9), Indonesia akan menghadapi Timor Leste. Dan terakhir pada Minggu (29/9), Kadek Arel dan kawan-kawan akan melawan Yaman.

"Setelah kemarin di (Piala) AFF U-19 kita berhasil menuntaskan dengan baik dan sesuai target yang dibebankan oleh PSSI. Sekarang kita baik step atau anak tangga kedua dengan lolos (dari) Kualifikasi Piala Asia U-20," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri berharap bisa mengulang kesuksesannya di tahun 2013. Saat itu dirinya berhasil membawa Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-19 2014 di Myanmar.

Ketika itu, di babak kualifikasi, Indonesia juga menjadi tuan rumah dan keluar sebagai juara grup. Di babak kualifikasi itu, Indonesia sempat mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkuningan.com