Ini 5 Sungai Besar di Kuningan, Cisanggarung Tetap Pegang Rekor

Ini 5 Sungai Besar di Kuningan, Cisanggarung Tetap Pegang Rekor

Sungai Cisanggarung merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Kabupaten Kuningan yang bermuara di Laut Jawa.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Kabupaten Kuningan dianugerahi alam yang indah dan subur. Kehidupan masyarakatnya juga cukup tenang.

Hasil pertanian juga bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya.  Keberadaan Gunung Ciremai membuat lahan di sekitarnya subur untuk pertanian.

 
Selain gunung, sejumlah sungai baik yang besar, sedang dan kecil mudah dijumpai di Kabupaten Kuningan. Sungai sungai tersebut mampu mengairi lahan pertanian milik masyarakat.
 
Bahkan ada sungai yang dibendung untuk dijadikan waduk dan bendungan.
 
 
Misalnya Waduk Darma dan yang terbaru, Bendungan Kuningan. Waduk dan bendungan itu sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani dikala musim kemarau.
 
Selain itu, air Waduk Darma juga dimanfaatkan PDAM untuk kepentingan air minum warga.
 
Waduk Darma sendiri dibangun untuk menampung air sungai Cisanggarung yang berhulu di Desa Cageur, Kecamatan Darma. 
 
Sungai terbesar di Kabupaten Kuningan tersebut bermuara di laut Jawa tersebut. Disamping Cisanggarung, ada empat sungai besar lainnya di Kuningan.
 
 
Ini 5 sungai besar yang memanjang hingga perbatasan kabupaten.
 
1. Sungai Cisanggarung
Sungai ini memiliki hulu di bagian selatan Waduk Darma tepatnya di Desa Cageur, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Panjang sungai ini mencapai 62,5 kilometer. Ketinggian atau elevasi hulu sungai berada di 900 mdpl dengan cekungan daerah aliran sungai atau DAS 817 kilometer persegi.
 
Sungai Cisanggarung juga menjadi batas alami dua provinsu, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sungai ini kembentang dari barat Kuningan, Kabupaten Cirebon dan bermuara di Laut Jawa.
 
 
2. Sungai Cijolang
Cijolang ini adalah anak dari Sungai Citanduy yang berada di Kabupaten Majalengka. Sungai Cijolang melintasi sejumlah kecamatan di Kabupaten Kuningan. Salah satunya Kecamatan Subang. Di seberang sungai Cijolang dudah masuk wilayah Kabupaten Ciamis. 
 
Menurut data, Sungai Cijolang memiliki panjang 14,8 kilometer. Ailran sungai ini cukup deras, dan jika sedang caah atau banjir, menggenangi pemukiman penduduk yang berada di bantaran sungai.
 
3. Sungai Cijangkelok
Sungai ini membelah wilayah Kecamatan Cibingbin. Airnya cukup deras. Sungai ini juga melintasi wilayah Brebes, Jawa Tengah. Sayangnya, Sungai Cijangkelok mengalami pendangkalan dan abrasi. Pemerintah sudah berusaha melakukan pengerukan namun tetap saja air sungai sering meluap ke perumahan warga 
 
 
4. Sungai Citaal
Sama seperti sungai lainnya di Kabupaten Kuningan, Sungai Citaal menjadi andalan petani untuk mengairi lahan persawahannya. Sungai ini berhulu di DAS Cijolang dan melintasi Kecamatan Ciwaru. Jarak antara pemukiman warga dengan bibir sungai di beberapa bagian sangat dekat. 
 
5. Sungai Cikaro
Untuk mengairi lahan pertanian masyakar di wilayah Kuningan timur dan petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pemerintah pusat membangun Bendungan Kuningan. Bendungan yang diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo itu membendung Sungai Cikaro, Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum. Saat ini warga Kawungsari sudah menempati rumah baru di Desa Sukarapih. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: