Satu Hari Mau Lebaran, Arus Mudik di Tugu Ikan Sampora Lengang

Satu Hari Mau Lebaran, Arus Mudik di Tugu Ikan Sampora Lengang

Arus mudik menuju Kuningan di Tugu Ikan Sampora, Jumat sore 21 April 2023 nampak lengang. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Memasuki H-1 Lebaran, arus lalu lintas di Kabupaten Kuningan mulai terjadi peningkatan, namun masih terbilang Ramlan alias ramai lancar. Arus masuk kendaraan di Tugu Ikan Sampora, tidak terlalu padat. Bahkan bisa dikatakan lengang. 
 
Hingga Jumat sore 21 April 2023, tak banyak kendaraan yang masuk ke jalan lingkar timur dan juga jalan nasional Kuningan-Cirebon.
 
 
Kepadatan arus lalu lintas hingga menyebabkan arus tersendat sempat terjadi di beberapa titik. Itu disebabkan adanya aktivitas pengunjung pasar dan pisat perbelanjaan.
 
Seperti di persimpangan Caracas, depan Pasar Cilimus dan Pasar Kurucuk. Aktivitas angkutan umum menaikkan dan menurunkan penumpang serta lalu lalang warga yang menyeberang di sekitar pasar, menjadi salah satu penyebab arus lalu lintas menjadi terhambat. 
 
Untuk mengatasinya, sejumlah anggota polisi dibantu petugas Dishub tampak sibuk melakukan pengaturan lalu lintas di sejumlah titik yang rawan kemacetan.
 
 
"Selain itu, kepadatan arus lalu lintas juga terjadi di kawasan Kuningan kota terutama di sekitar pusat perbelanjaan seperti Jalan Siliwangi dan Cijoho sejak siang hingga sore hari," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kuningan, M Mutofid, Jumat 21 April 2023. 
 
Hal ini menjadi pemandangan yang rutin terjadi setiap menjelang Lebaran, di mana banyak warga yang menyerbu toko swalayan untuk berbelanja kebutuhan hari raya.
 
"Setiap tahun saat mau lebaran, kerap terjadi kepadatan di area publik. Kami sudah menerjunkan petugas untuk ikut mengatur lalulintas," katanya.
 
 
Mutofid membenarkan adanya peningkatan volume kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Kuningan setelah cuti Lebaran diberlakukan pemerintah. Namun demikian, lonjakannya masih terbilang wajar dan tidak sampai menyebabkan kemacetan.
 
"Alhamdulillah, hingga H-1 Lebaran sudah mulai terlihat para pemudik masuk Kuningan baik yang menumpang bus dan kendaraan pribadi maupun roda dua. Namun demikian, hingga saat ini arus lalu lintas masih terpantau lancar dan kondusif," papar Mutofid.
 
 
Semenrara itu sbanyak 430 personil Polres Kuningan siap mengamankan musim mudik lebaran dan wisata dalam giat Operasi Ketupat Lodaya 2023 nanti. Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian melalui Kabag Ops Kompol Endang Kusnandar mengatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran. 
 
Selain menyiapkan personil, saat ini juga telah dibangun posko pengamanan dan pos Gatur di sejumlah titik strategis. Jumlah personil Polres Kuningan yang dikerahkan untuk pengamanan Operasi Ketupat Lodaya tahun ini sebanyak 430 anggota, dengan dibantu instansi samping seperti Kodim, Dishub, Satpol PP, BPBD, Damkar dan lainnnya.
 
 
"Kami juga menyiapkan lima Pos Pengamanan ditambah Pos Pelayanan dan Pos Terpadu untuk kemudahan koordinasi dan Pos Gatur untuk membantu mengurai kemacetan," ungkap Endang.

Endang menjelaskan, lima Pos Pam tersebut berada di lokasi strategis yaitu di simpang Tugu Ikan Sampora, Simpang Bojong, Simpang Jalan Baru Panawuan, Ciawigebang dan Cipasung. Sedangkan Pos Pelayanan berada di Terminal Kertawangunan dan Pos Terpadu berlokasi di kawasan Taman Kota Kuningan. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: