Inovasi Baru Diskopdagperin Kuningan, Roadshow Kolaborasi Anjangsana Bareng Pelaku UMKM

Inovasi Baru Diskopdagperin Kuningan, Roadshow Kolaborasi Anjangsana Bareng Pelaku UMKM

Diskopdagperin Riung Mungpulung, Gelar Kolaborasi Anjangsana Bareng Pelaku UMKM Kuningan, Senin 8 Mei 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Pengusaha dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Komunitas UMKM Baraya, kumpul ngariung dalam acara yang digagas Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.
 
Kegiatan roadshow Program Kolaborasi Anjangsana dan Bina Edukasi UMKM (ProKasi ABadi UMKM) berlangsung hari Senin 8 Mei 2023.
 
Lokasinya di Sekretariat Komunitas UMKM Baraya, Desa Margasari, Kecamatan Luragung, Kuningan.
 
 
 
ProKasi ABadi UMKM ini merupakan salah satu Inovasi atau terobosan Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana yang sudah dilaunching di pada awal tahun 2023.
 
Respon dari pengusaha dan pelaku UMKM juga sangat bagus. Ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir.
 
"Biasanya para pelaku UMKM diundang oleh pihak Diskopdagperin untuk memperoleh edukasi dan informasi. Namun kali ini Diskopdagperin yang turun ke bawah dan jemput bola ke sekretariat Komunitas-Komunitas UMKM," jabar Uu, Senin 8 Mei 2023.
 
 
 
Uu juga menjelaskan rangkaian kegiatan roadshow. Antara lain pengukuhan komunitas UMKM sebagai binaan Diskopdagperin, memberikan informasi dan layanan pendampingan pendaftaran legalitas usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB).
 
Kemudian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), Sertifikat Halal, dan lainnya.
 
Selanjutnya pemberian informasi mengenai persyaratan dan tata cara mengajukan KUR 2023 dari narasumber yang berkompeten (Promo Si Abank UMKM).
 
"Kami juga mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan QRIS sebagai alternatif sistem pembayaran nontunai di usaha masing-masing," ujar Uu.
 
 
 
Disamping itu, memperkenalkan produk-produk layanan lembaga keuangan lainya yang dapat membantu pengembangan usaha UMKM di Kabupaten Kuningan, memberikan informasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku Usaha. 
 
"Mendengarkan aspirasi dan masukan dari pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan pelayanan Diskopdagperin yang lebih baik. Kami juga berusaha memberikan edukasi  kepada para pelaku UMKM mengenai berbagai aspek yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing usaha mereka," jelas Uu. 
 
 
 
Uu menambahkan, program ini juga bertujuan memberikan inspirasi dan motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis mereka.
 
"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Kami mendapat dukungan dari berbagai stakeholder Diskopdagperin yang selalu mengusung konsep Heksahelix-nya," papar pejabat asal Desa Cijemit, Kecanatan Ciniru tersebut 
 
Dalam rosdshow ini, Didkopdagperin menggandeng Bank BJB Cabang Kuningan, PT Pegadaian Cabang Kuningan, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon.
 
 
 
Para stakeholder ini berperan penting dalam menyediakan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam mengembangkan bisnis mereka.
 
"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku UMKM. Saya menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses," sebut Uu.  
 
 
 
Dirinya selaku Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, merasa sangat bangga dan bersemangat untuk meluncurkan ProKasi ABadi UMKM pada tahun 2023 ini.
 
"Hari ini kami melakukan roadshow yang perdana ke Komunitas Baraya di Luragung. Saya yakin bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kuningan," pungkasnya.
 
Pada kesempatan silaturahmi ini juga sekaligus menyerahkan SK Kadiskopsagperin tentang pengukuhan Komunitas  UMKM Baraya. Juga 23  Komunitas lainnya akan diberikan SK dan resmi menjadi binaan diskopdagperin. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: