247 Bacaleg Perempuan Perebutkan Kursi di DPRD Kuningan, Partai Golkar Paling Banyak

247 Bacaleg Perempuan Perebutkan Kursi di DPRD Kuningan, Partai Golkar Paling Banyak

DPD Partai Golkar Kuningan saat melakukan pendaftaran bacaleg ke KPU Kuningan, pekan lalu.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD Kuningan yang diajukan partai politik peserta pemilu tercatat sebanyak 699 orang. Dari 699 nama, bacaleg laki-laki masih tampil dominan. Jumlahnya yakni 425 bacaleg laki-laki dan 274 perempuan. 

Para bacaleg ini bersaing untuk memperebutkan 50 kursi yang tersedia di parlemen daerah pada Pileg 2024 nanti.
 
 
 
Mereka diusung oleh 17 partai dari 18 partai peserta pemilu. Satu-satunya partai yang tidak mendaftarkan bacalegnya yakni Partai Garuda. 
 
Dari data KPU Kabupaten Kuningan, partai terbanyak yang mendaftarkan bacaleg perempuan adalah Partai Golkar. Tercatat partai berlambang pohon beringin ini mengusung 22 bacaleg perempuan yang tersebar di 5 daerah pemilihan (dapil).
 
Ada dua dapil yang komposisi bacaleg perempuannya lebih banyak yakni Dapil Kuningan I dan IV.
 
 
 
Partai lainnya seperti PKB, Gerindra, Demokrat, dan PPP masing-masing mengajukan 18 bacaleg perempuan. Kemudian PDI Perjuangan dan Nasdem, sama-sama mendaftarkan 17 bacaleg perempuan.
 
Sedangkan PKS serta PAN komposisi bacaleg perempuan di jumlah yang sama yaitu 16 bacaleg perempuan.
 
Di setiap daerah pemilihan untuk DPRD Kuningan jumlah bacalegnya juga hampir berimbang.
 
Dapil Kuningan I, bacaleg laki-laki yang didaftarkan partai peserta pemilu yakni 102 orang dan 72 orang bacaleg perempuan. Jumlah kursi yang diperebutkan sebanyak 12 kursi. 
 
 
 
Selanjutnya Dapil Kuningan II, komposisi bacaleg laki-laki ada 102 orang dan 64 bacaleg perempuan.
 
Di dapil ini, kursi yang disediakan juga 12 kursi. Untuk Dapil Kuningan III yang disebut-sebut dapil neraka ada 105 bacaleg laki-laki serta 63 perempuan dengan 12 kursi yang tersedia.
 
Dua dapil lainnya yakni Dapil Kuningan IV dengan jumlah 63 bacaleg laki-laki dan 45 bacaleg perempuan.
 
Dari dapil ini, hanya 8 kursi yang diperebutkan. Sedangkan Dapil Kuningan V yang menyediakan 6 kursi, sebanyak 51 bacaleg laki-laki dan 30 orang bacaleg perempuan.
 
 
 
Ketua DPD Partai Golkar Kuningan, Asep Setia Mulyana menyatakan, jumlah bacaleg yang didaftarkan partainya sesuai kuota yakni 50 orang.
 
"Bacaleg laki-laki sebanyak 28 dan 22 perempuan. Banyaknya bacaleg perempuan menunjukkan bahwa Golkar menjunjung tinggi keterwakilan perempuan di parlemen daerah," kata Asep Setia Mulyana. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: