Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan Ambil Sikap Sempurna

Rabu 18-08-2021,09:51 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Para pengguna jalan di sepanjang Jalan Siliwangi Kuningan seketika turun dari kendaraan dan langsung berdiri mengambil sikap sempurna pada saat peringatan detik-detik Proklamasi, Selasa (17/8).

Dipandu oleh anggota Sat Lantas Polres Kuningan, tepat pukul 10.17 WIB para pengguna jalan termasuk pejalan kaki dan pedagang menghentikan aktivitasnya kemudian mengambil sikap sempurna. Selama tiga menit, mereka mengheningkan cipta mengenang momen sejarah detik-detik pembacaan naskah proklamasi Kemerdekaan RI oleh Presiden RI yang pertama Ir Soekarno dan Wapres Moh Hatta.

\"Sesuai instruksi pemerintah, masyarakat diminta untuk mengheningkan cipta selama tiga menit pada pukul 10.17 WIB untuk memperingati detik-detik Proklamasi. Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan masyarakat,\" ungkap Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya kepada awak media.

Menurut Kapolres, kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia ini tidaklah mudah. Memerlukan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

\"Untuk itu sebagai generasi penerus bangsa, harus selalu mengenang dan menghargai jasa para pahlawan dan pejuang yang telah gugur. Kegiatan tadi juga sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan,\" imbuh Doffie.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Tahir Muhiddin mengatakan kegiatan yang dilakukan tadi adalah mendengarkan pembacaan proklamasi oleh petugas upacara, penghormatan kepada bendera merah putih sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

\"Alhamdulillah, kegiatan bisa berjalan lancar dan khidmat,\" ucap Kasat. (fik) 

Tags :
Kategori :

Terkait