OZL 2021, Polisi Bagikan Masker dan Vaksinasi Masal

Rabu 17-11-2021,10:49 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Polres Kuningan melaksanakan giat Operasi Zebra Lodaya (OZL) 2021 dengan menggelar sejumlah kegiatan sosial seperti membagikan masker, santunan dan vaksinasi Covid-19 gratis bagi masyarakat.

Seperti terpantau di hari pertama OZL 2021 kemarin (15/11), giat sosial digelar di Jalan Aruji depan Kantor Samsat Kuningan menyasar warga yang melintas. Sambil membawa poster imbauan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, petugas memberhentikan setiap pengendara dan penumpang yang tidak memakai masker. Bukan untuk ditilang, melainkan diberi masker gratis sekaligus memastikan mereka sudah mendapatkan vaksin Covid-19 atau belum. Bagi yang belum, petugas mempersilakan warga tersebut untuk mendatangi gerai vaksin di salah satu sudut kantor Samsat Kuningan.

Selain membagikan masker, dalam giat perdana OZL 2021 tersebut petugas juga menyisir kendaraan yang menggunakan knalpot bising. Bagi yang kedapatan, petugas mengarahkan pengendaranya untuk menepi kemudian meminta menggantinya dengan knalpot standar.

\"Gelar Operasi Zebra Lodaya 2021, masih mengedepankan program keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) serta pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19. Oleh karenanya giat operasi kali ini lebih mengedepankan tindakan edukatif dan humanis terkait Covid-19. Kalaupun ditemukan pelanggaran lalu lintas seperti tidak mengenakan helm, knalpot bising dan penggunaan lampu strobo kami tidak berikan sanksi tilang, melainkan hanya teguran,\" ungkap Dadang kepada Radar.

Dadang menjelaskan, giat OZL 2021 ini akan digelar selama dua pekan dari tanggal 15 hingga 28 November mendatang. Kegiatan operasi akan difokuskan pada kegiatan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan kegiatan sosial seperti bagi-bagi masker dan bakti sosial seperti santunan kepada fakir miskin.

\"Sesuai instruksi Pak Kapolri, Kapolda dan Kapolres untuk melaksanakan giat Operasi Zebra Lodaya di masa pandemi ini secara humanis dan mengesampingkan penindakan tilang. Sekalipun kondisi kasus Covid-19 di Kuningan sekarang sudah terbilang landai, namun kami ingin mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah dan tetap waspada terhadap wabah Covid-19 dengan tetap melaksanakan prokes dalam kegiatan sehari-hari,\" ujar Dadang.

Terkait vaksinasi, Dadang mengatakan, kegiatan ini bakal digelar sepanjang giat Operasi Zebra Lodaya hingga tanggal 28 November di kantor Samsat Kuningan. Giat ini, kata Dadang, terbuka untuk masyarakat umum tidak hanya yang bertemu petugas di lapangan namun seluruh warga Kuningan yang belum divaksin.

\"Gerai Vaksin Presisi Polres Kuningan di Kantor Samsat menyediakan vaksin Sinovac dengan jumlah dosis tak terbatas. Berapa pun jumlahnya masyarakat yang datang, kami akan layani dengan senang hati. Kami telah berkoordinasi denga tim Bidokkes Polres dan Dinkes Kuningan untuk pelayanan vaksinasi bisa terlaksana secara optimal,\" ujar Dadang. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait