Kerja Keras Menuju Kuningan Maju Berbasis Desa Tahun 2023

Selasa 14-12-2021,10:28 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Pemerintah Kabupaten Kuningan menggagas refleksi pembangunan tiga tahun masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023 di Hotel Prima Resort Kuningan, kemarin (13/12). Hadir langsung Bupati H Acep Purnama SH MH, Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Pimpinan Forkopimda, Pimpinan SKPD, Rektor Perguruan Tinggi, serta tamu undangan yang lain.

Dalam kesempatan itu, Bupati H Acep Purnama mengaku, tidak terasa jika sekarang sudah menginjak masa kepemimpinan tahun ketiga bersama Wakil Bupati HM Ridho Suganda.

“Tak terasa sudah tiga tahun masa kepemimpinan kami bersama Pak Wabup HM Ridho Suganda. Ketika itu, Selasa tanggal 4 Desember 2018 dilantik oleh Gubernur Jawa Barat. Kami bersama-sama melangkah membangun Kuningan diawali dengan visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023,” kata Bupati Acep saat memberi sambutan.

Menurutnya, adanya berbagai keberhasilan prestasi maupun anugerah tentu berkat dukungan masyarakat dan semua pihak demi mewujudkan Kuningan Maju.

“Adanya program atau kegiatan untuk terpenuhi adalah yang selalu kami inginkan. Kerja keras terus diupayakan, sekalipun kita tahu saat ini dihadapkan pandemi Covid-19 mulai di awal tahun 2020,” ujarnya.

Dia menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 yang dihadapi terpaksa membuat perubahan rencana kegiatan yang telah disusun. Namun di masa pandemi ini menuntut untuk terus bekerja dan berkarya, dipacu dengan kemampuan daerah.

“Ke depan makin banyak konsep kolaborasi multipihak yang dapat dikedepankan. Hanya dengan kolaborasi, tujuan kita bersama lebih mudah tercapai. Masih ada program yang mesti diwujudkan di sisa dua tahun ini, semoga Allah SWT memberi kita kekuatan untuk terus berjalan, bahu membahu membangun Kuningan yang kita cintai,” harapnya.

Wakil Bupati HM Ridho Suganda menambahkan, adanya kebersamaan dan kekompakan maka dapat menyelesaikan hambatan. Sehingga tujuan dan cita-cita demi mewujudkan visi misi pemerintah daerah bisa tercapai.

“Mari kita tingkatkan standarisasi pekerjaan. Kita mempunyai satu tujuan yaitu Kuningan Maju, mari selalu bangun optimis untuk tahun berikutnya. Semoga kita semua bisa mengatasi permasalahan untuk lebih baik lagi,” tandasnya.

Rektor Uniku Dr H Dikdik Harjadi SE MSi juga memberikan tanggapan mengenai tiga tahun masa kepemimpinan. Bahkan kegiatan ini membuka ruang bagi publik untuk bisa sama-sama mengetahui capaian pimpinan daerah, sekaligus memberikan masukan kepada pemerintahan dalam menyelesaikan dua tahun masa kepemimpinan kedepan.

“Kita tahu di awal 2020 sampai 2021 berada dalam masa pandemi, kondisi ini menjadi masa sulit. Namun bupati dan wakil bupati sudah bekerja keras menakhodai pemerintah daerah semaksimal mungkin,” ujarnya.

Dirinya melihat, jika IPM di Kuningan dari tahun 2020 ada peningkatan. Ada Laju pertumbuhan ekonomi 0,09 persen dan ini menunjukkan tiga terbaik di Jabar.

“Pengeluaran berkapita per bulan Rp1.127.000 dari sebelumnya Rp900.000 dan ada pertumbuhan UMKM. Untuk pelaku UMKM, kami juga bekerjasama memberikan pelatihan, pembinaan, akses permodalan dari kementerian. Kondisi seperti ini sudah menjadi juga tanggung jawab bersama, bahwa kita harus bersinergi membangun Kuningan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, sempat ditayangkan video perjalanan tiga tahun kepemimpinan dengan menunjukkan prestasi yang diraih mulai 2018 hingga 2021. Misal di tahun 2018, mendapatkan empat penghargaan yakni salah satunya sebagai kabupaten yang melakukan pelayanan publik berbasis HAM yang diberikan Kemenkum-HAM

Kemudian di tahun 2019, meraih 27 penghargaan di antaranya Predikat B Hasil Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) 2018. Termasuk Anugerah Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Kategori Tata Kelola Destinasi tahun 2019 kepada Desa Wisata Cibuntu dari Kementerian Pariwisata.

Tags :
Kategori :

Terkait