Ridho: UMKM Motor Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Sabtu 18-12-2021,10:13 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Pemerintah daerah konsisten untuk mendorong pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Sebab UMKM merupakan motor penggerak utama ekonomi kerakyatan di Indonesia, khususnya Kabupaten Kuningan.

Bahkan pemerintah daerah pernah melakukan pelatihan bagi pelaku UMKM dalam pengembangan bisnis ekspor impor. Pelatihan itu menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Belum lama juga, salah seorang petani kopi asal Kuningan sudah melakukan ekspor hasil kopinya ke luar negeri. Pelepasan pengiriman ekspor kopi ke Amerika itu dilakukan langsung Bupati H Acep Purnama SH MH.

Demi mendorong para pelaku UMKM sukses berbisnis, Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi konsisten memberikan motivasi agar UMKM terus berkembang. Salah satunya disampaikan kepada pelaku UMKM Binangkit di Desa Cikaso, Kramatmulya, baru-baru ini.

Menurut Wabup Ridho, UMKM menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan. Karena sektor ini mampu menyerap banyak tenaga kerja, sehingga tidak dibutuhkan industri-industri besar di Kuningan dalam mendongkrak dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan dukungan berbagai program, saya optimistis ke depan UMKM di Kabupaten Kuningan dapat semakin maju dan berkembang. Karena UMKM merupakan sektor ekonomi yang mampu bertahan dalam situasi yang sangat sulit,” kata Ridho.

Menurutnya, saat ini peran UMKM adalah menjadi salah satu tombak pembangunan ekonomi nasional. Untuk itu, dalam mengembangkan usahanya maka pelaku UMKM diminta dapat memanfaatkan teknologi informasi melalui berbagai platform media sosial yang tengah berkembang.

“Bahkan sudah banyak pelaku UMKM adalah orang-orang yang saat ini memanfaatkan platform media sosial, tujuannya tidak lain untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Harapan kita semua, UMKM di Kabupaten Kuningan ke depan dapat semakin maju untuk mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera,” harapnya.

Sementara Ketua UMKM Binangkit Udin Jaenudin menjelaskan, UMKM Binangkit terbentuk diawali dari inisiatif para alumni Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Kuningan. Karena memiliki keinginan yang sama untuk membentuk dunia usaha.

“Sekarang UMKM Binangkit tengah menyususn AD/ART dan berbagai program kegiatan dengan visi berani untuk berinovasi dan berkarya. Adapun misi dari UMKM Binangkit adalah menciptakan para pelaku usaha yang kreatif, inovatif, produktif dan sejahtera,” tutupnya.(ags) 

Tags :
Kategori :

Terkait