Karena jalan yang dilewati kebanyakan melalui rute lintas selatan yang notabene menyusuri pesisir pantai serta lereng wilayah Bukit Barisan.
Alhasil medan jalan yang dihadapi pun akan sangat bervariatif sehingga betul-betul menguji keterampilan berkendara dan durabilitas motor.
Namun menariknya, tantangan tersebut justru disambut dengan begitu antusias oleh para punggawa XOG.
Pasalnya, selain memang hobi melakukan touring menyusuri berbagai tempat dengan pemandangan yang indah, perjalanan jarak jauh ini juga memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lebih jauh berbagai keunggulan yang dimiliki motor.
Terutama bagi para rider yang menggunakan XMAX generasi terbaru.
Seperti halnya yang diungkapkan oleh Tri kuncoro, salah seorang peserta XOG asal Jakarta yang ikut melakukan touring bersama rombongan.
Selama perjalanan touring khususnya dari Lampung menuju Bengkulu yang menyisir jalur pegunungan Bukit Barisan, Tri mengaku dapat menjajal berbagai fitur pada XMAX Connected secara lebih maksimal.
Seperti fitur sistem Navigasi dan TFT Infotainment Display, Y-Connect, Traction Control System (TCS), hingga kapasitas bagasi serta posisi berkendara motor yang dinilainya super rileks.
“Acara touring menuju XOG Tour & Gathering yang ke-3 ini bisa dibilang menjadi slaah satu pengalaman yang menarik untuk saya. Karena ini touring jauh pertama saya dengan XMAX generasi terbaru. Sekalian saya jajal beberapa fitur, terutama fitur Navigasi dan TFT infotainment display. Secara overall untuk akurasi, maps digitalnya sangat akurat dan untuk tampilan visualnya juga terbilang oke, gak perlu kita repot-repot keluar handphone untuk buka maps. Lalu fitur TCS juga ternyata kepake saat lewat jalan jelek yang licin di daerah Krui, Lampung. Dan yang paling saya suka dari XMAX ya tentu bagasi nya yang luas muat buat simpan tas pakaian. Selain itu posisi riding juga masih tetap nyaman sama seperti generasi sebelumnya,” jelasnya.
BACA JUGA:Deklarasi Pemilu Damai 2024, Kapolres Kuningan Minta Pendukung Calon dan Partai Jaga Kondusivitas
Selain fitur, akomodasi, dan posisi berkendara yang nyaman, performa dan handling motor juga turut mendapat apresiasi dari Tri.
Karena menurutnya, selama menempuh perjalanan ribuan kilometer, kondisi mesin motor masih tetap prima dan tidak mengalami kendala sedikitpun.
“Nah soal performa, kalo menurut saya XMAX generasi baru ini tarikan bawahnya lebih responsive sih. Dan handlingnya juga lebih rigid untuk bermanuver keluar masuk tikungan. Ini saya rasakan saat sedang berakselerasi di daerah Lampung Selatan sata menyusuri jalur Bukit Barisan. Secara durabilitas juga gak usah ditanya, riding 1.500 kilometer Jakarta menuju Bukitiinggi motor aman gak ada trouble sedikit pun, paling nanti di sini (Padang) saya mau ganti oli di bengkel resmi, ” tambahnya.