3 Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Pemilik, Anda Harus Tahu Penanganannya!

Senin 04-12-2023,14:18 WIB
Reporter : Istiqomah
Editor : Istiqomah

RADARKUNINGAN.COM-Kucing adalah hewan yang tidak menyukai perubahan, namun jika kucing pindah pemilik tentu akan menjadikan kucing menjadi stres.

Kucing akan merasakan kehilangan akibat dari terpisahnya dengan pemilik lama dan harus berhadapan dengan orang asing. Hal tersebut yang menjadikan kucing kan stres.

Kucing harus beradaptasi dengan waktu yang cukup lama, oleh sebab itu ketika anda sedang menjadi pemilik baru kucing harus terus berinteraksi dan menunjukan kasih sayang kepada kucing.

Dengan cara tersebut kucing akan merasa aman dan lama-kelamaan akan cepat untuk beradaptasi. Dan pastikan anda mengetahui pola kebiasaan kucing dari pemilik lama.

BACA JUGA:Tanaman Sirih Gading Menurut Fengshui, Benarkah Membawa Keberuntungan dan Rezeki ke Pemiliknya?

Ketika pola kebiasaan kucing berubah, tentu menjadi tantangan bagi kucing untuk selalu beradaptasi. Artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik, diantaranya:

1.Terapkan Teknik Desensitisasi, Counterconditioning

Jika anda menerapkan teknik desensitisasi, counterconditioning menjadi solusi dalam mengatasi stres kucing yang baru pindah pemilik, teknik tersebut yaitu memperkenalkan kucing anggora ke lingkungan-lingkungan yang menyebabkan kucing stres.

Hal ini dapat dilakukan ketika jika terdapat orang banyak yang asing lalu kucing anggora diberikan mainan sebagai pengalihan.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara rutin, sehingga kucing akan terbiasa dengan orang asing dan ruangan yang berubah-ubah. Namun anda juga harus pastikan kondisi kucing selalu baik agar kucing tidak merasa sakit.

BACA JUGA:Ternyata ini 10 Ciri Kucing Peliharaan Stres, yang Mungkin Kita Sepelekan!

2.Memberikan Ruang Aman Pada Kucing

Kucing yang berpindah pemilik masti mengalami perubahan yang drastis, mulai dari pola makan, makanan yang dikonsumsi, tempat makan, tempat tidur dan masih banyak hal lainnya yang dapat memicu stres pada kucing.

Kucing stres biasanya berasal dari perubahan yang drastis, oleh karenanya anda harus menyediakan ruang yang aman agar kucing tidak merasa cemas dan takut karena lingkungan yang tidak aman.

Anda dapat letakan mainan dan tempat khusus untuk kucing didalam satu ruangan, dengan begitu kucing akan terhindar dari stres yang berlebihan.

Kategori :