Kucing Kampung Suka Makan Tapi Susah Gemuk? Ternyata Ini 4 Penyebabnya!

Selasa 05-12-2023,11:44 WIB
Reporter : Dewi Nur
Editor : Dewi Nur

Penyakit cacingan memang umum dialami kucing. Apalagi jika anak kucing. Anak kucing bisa tertular dengan mudah dari induknya lewat air susu kucing.

Kucing yang terkena cacingan memang seringkali minta makan. Tapi anehnya, hanya tubuh saja yang buncit, sedangkan anggota tubuh lainnya tetap kurus.

BACA JUGA:5 Tips Agar Kucing Patuh dan Tidak Nakal, Sederhana dan Mudah!

3. Kualitas Makanan

Penyebab kucing susah kurus, bisa jadi karena kualitas makanan yang diberikan tidak dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. 

Makanan kucing juga perlu disesuaikan dengan keaktifan fisik Anabul. Jika kucing aktif tapi tidak dibarengi dengan nutrisi yang cukup, maka bisa membuat kucing susah kurus.

Kualitas makanan yang rendah juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing karena tidak mendapat nutrisi yang cukup. Maka tak heran jika kucing selalu makan, tapi berat badannya ga nambah-nambah.

Kamu perlu memperhatikan makanan yang diberikan memiliki kualitas yang baik dan apakah kucing benar-benar menghabiskan porsi makan yang diberikan atau justru diambil oleh kucing lain.

BACA JUGA:20 Rekomendasi Nama Kucing Hitam dan Putih atau Tuxedo Cat, yang Bisa Membawa Keberuntungan dan Unik!

4. Kondisi Kesehatan

Kucing yang sulit gemuk juga bisa jadi karena beberapa kondisi kesehatan, seperti gangguan pencernaan hingga sindrom malabsorpsi yang dapat menyebabkan kucing sulit gemuk meski suka makan. Adanya parasit juga mempengaruhi penyerapan nutrisi pada tubuh kucing.

Kucing yang sakit atau menderita penyakit tertentu mungkin mengalami penurunan nafsu makan. Sehingga berpengaruh terhadap berat badan dan kesehatan kucing secara keseluruhan.

Itulah beberapa penyebab kucing susah gemuk dan kurus terus. Sebagai pemilik kucing kamu perlu peka terhadap beberapa penyebab di atas agar tidak menimbulkan kondisi kesehatan Anabul buruk.

Kategori :