Ternyata Ini Alasan Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya Sendiri Pasca Melahirkan

Kamis 07-12-2023,20:15 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Banyak orang memelihara kucing karena sikapnya yang imut dan juga menggemaskan,namun ternyata ada sisi gelap dari memelihara kucing.

Salah satu sisi gelap kucing yang mungkin terdengar mengerikan adalah memakan anak kucing itu sendiri, ya tidak salah dengar jika hal ini memang di lakukan induk kucing pasca melahirkan.

Tidak hanya berlaku pada kucing yang memakan anaknya sendiri, beberapa jenis hewan seperti hamster pun kerap memakan anaknya sendiri pasca melahirkan.

Ternyata ada beberapa alasan logis di balik itu semua, simak di bawah ini megnapa induk kucing memakan anaknya sendiri.

BACA JUGA:Kenapa Kucing Kampung Susah Gemuk? Padahal Dikenal Dengan Pemakan Segala, Ternyata Ini Penyebabnya!

1.Untuk melindungi mereka dari predator

Kucing memiliki naluri alami untuk melindungi bayinya dari pemangsa di alam liar dan bahkan kucing peliharaan pun masih memiliki dorongan alami ini.

Jika induk kucing merasa bahwa anak kucingnya menjadi bidikan atau sasaran predator, terutama jika tempat dia bersama anak-anaknya memiliki gangguan seperti suara dan orang asing, dia mungkin akan memakan anak kucingnya untuk melindungi mereka dari pemangsa.

2.Jika anak kucing memiliki cacat lahir, lahir mati atau sakit

Induk kucing dapat memakan anak-anaknya jika mereka lahir mati, sakit, atau memiliki cacat lahir saat mereka lahir. Namun, terkadang dia tidak akan memakannya tetapi benar-benar mengabaikan dan membuangnya.

Ada sebuah kasus di mana induk kucing akan mengeluarkan anak kucing yang sakit dari kelompok mereka dan memisahkan atau meninggalkan anak kucing itu di tempat lain.

BACA JUGA:Mengapa Kucing Liar Menatap Lama Kita? Berikut Ini 3 Alasan Kucing Liar Menatap Lama

3.induk kucing stress

Induk kucing sangat rentan terhadap stres dan kecemasan sebelum dan sesudah melahirkan anak-anaknya dan sebagian besar waktu itu karena faktor lingkungan.

Stresor lingkungan ini mungkin termasuk suara keras, terlalu banyak lalu lintas pejalan kaki di ruangan tempat dia tinggal, dan manipulasi atau penanganan anak kucing yang terlalu cepat.

Semua ini mungkin membuat induk kucing gelisah, cemas, dan stres. Dia mungkin berpikir bahwa anak-anak kucing itu akan dibawa pergi atau terkena predator dan sebagai hasilnya, dia akan memakan anak-anaknya.

BACA JUGA:Populasi Kucing Liar Meningkat? Ternyata Dapat Berdampak Kepada Lingkungan!

4.Tidak mengenali anaknya

kasus induk tidak mengenali anaknya mungkin jarang tetapi ada beberapa kasus ketika induk kucing tidak bisa mengenali anaknya sama sekali dan bahkan bisa menganggapnya sebagai mangsa.

Penyebab umum mungkin karena dia melahirkan melalui operasi caesar atau karena manipulasi berlebihan, di mana manusia sering menyentuh dan menggendong anak kucing yang baru lahir.

Sekian artikel mengenai alasan induk kucing memakan anaknya sendiri pasca melahirkan, semoga membantu wawasan bagi para pembaca.

 

Kategori :