Sebagai Ladang Pahala! Ini Dia Manfaat Memberi Makan Serta Memelihara Kucing Dalam Islam

Senin 11-12-2023,11:24 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Siapa sih yang tak mengenal kucing? kucing adalah salah satu hewan yang kerap di jadikan hewan peliharaan yang jinak dan lucu.

Tidak hanya dijadikan hewan peliharaan saja kucing adalah salah satu hewan yang dapat di latih serta cerdas lho.

Seringkali kita melihat kucing-kucing di sekitar kita entah itu kucing peliharaan yang biasa di pelihara di rumah, ataupun kucing liar yang ada di luar sana.

Memberi makan kucing ternyata dapat mendapatkan keberkahan dan juga sebagai ladang pahala bagi yang memberinya makan lho.

BACA JUGA:Pertanda Baik Kucing Liar Datang Ke Rumah Menurut Islam, Ladang Pahala dan Kebaikan!

Dalam Islam ada manfaat memelihara kucing, apa saja?

Berikut Manfaat Memelihata Kucing dalam Islam serta Kebaikan yang di dapat

1.Mengajarkan Kita Cara Berempati dan Peduli Terhadap Sesama

Memelihara hewan adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan empati seseorang. Manfaat memelihara kucing menurut Islam yang satu ini bisa terjadi karena tanpa disadari kita belajar untuk memahami apa yang mereka rasakan dan berusaha untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Kita akan merasakan bagaimana perasaan kucing tersebut jika lapar, haus, sakit, atau takut. Kita juga akan merasakan bagaimana kebahagiaan kucing tersebut jika diberi cinta dan kasih sayang.

Dengan berempati, kita akan lebih mudah untuk bersikap baik, adil, dan ramah kepada sesama manusia maupun hewan. Kita juga akan lebih mudah untuk menolong orang yang membutuhkan, menghibur orang yang sedih, dan menyayangi orang yang kesepian.

BACA JUGA:Jangan di Usir, Ternyata Ini Pertanda Baik Kucing Sering Datang Ke Rumah Kita, Menurut Islam Bawa Keberkahan?

2.Mengajarkan Kita Untuk Bersedekah

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits tersebut memberikan kita sebuah pemahaman bahwasannya memberikan makan atau minum kepada hewan merupakan bagian dari sedekah dan oleh karenanya barang siapa yang melakukan hal tersebut akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

BACA JUGA:Ampuh Menarik Rezeki, Ini Dia Manfaat Memelihara Kucing Menurut Fengshui

3.Mengurangi Rasa Kesepian

Manfaat memelihara kucing yang pertama adalah kehadiran kucing di sekeliling kita mampu mengurangi rasa kesepian yang ada dan merubahnya menjadi perasaan nyaman dan damai. Tak ayal, kucing seringkali dipercaya bisa menjadi sahabat yang setia.

Sebuah penelitian menunjukan jika memelihara kucing mampu mengurangi stres dan kecemasan serta mendorong kita untuk ikut aktif bergerak dan beraktivitas fisik.

Sekian artikel mengenai manfaat memberi makan serta memelihara kucing dalam islam, semoga menambah wawasan bagi para pembaca.

 

 

Kategori :