Waspadai! Inilah 5 Penyakit Kucing Berbahaya Yang Bisa Menular Kepada Manusia Lho, Apa saja?

Jumat 12-01-2024,20:12 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling umum dan banyak di pelihara oleh manusia.

Memelihara kucing ternyata memiliki manfaat bagi manusia lho, salah satunya adalah sebagai teman bermain dikala kita senggang.

Tetapi selain bermain dengan kucing kita juga perlu memperhatikan kesehatan kucing, apakah kucing sehat atau kucing sakit.

Beberapa penyakit kucing ada yang temasuk gejala ringan dan juga ada penyakit kucing berbahaya yang ternyata bisa menular kepada manusia atau sang pemiliknya lho.

BACA JUGA:Kucing Kamu Sakit? Kenali 4 Pertanda Kucing Sakit Yang Perlu Pemilik Kucing Ketahui!

Untuk itu kita perlu waspada dan hati-hati saat kita bermain dengan kucing peliharaan kita.

Berikut 5 Penyakit Kucing Berbahaya

1.Infeksi Campylobacter

Bakteri Campylobacter hidup dalam saluran pencernaan kucing, anjing, dan hamster. kita dapat terkena penyakit ini jika tidak mencuci tangan usai menyentuh feses kucing, atau dari menyentuh barang-barang dan mainan yang terkontaminasi oleh feses.

Infeksi Campylobacter menimbulkan gejala berupa demam, sakit perut, dan diare. Diare terkadang disertai mual, muntah, atau disertai darah. Gejala umumnya timbul pada 2-5 hari setelah infeksi dan akan berlangsung selama 1 minggu.

2.Kurap

Penyakit kurap disebabkan oleh infeksi beberapa jenis jamur yang hidup di tanah, kulit manusia, dan kulit hewan peliharaan termasuk kucing. Pada kucing, jamur penyebab kurap berasal dari spesies Microsporum canis atau Trichophyton mentagrophytes.

kita dapat tertular penyakit ini dari kontak langsung dengan hewan. Gejala utama kurap adalah munculnya benjolan kering dan bersisik dengan tepi kemerahan. Penyakit ini bisa diatasi dengan obat antijamur berbentuk krim, sampo, atau diminum langsung.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Jenis Penyakit Kucing Yang Berbahaya! Catlovers Harus Peka!

3.Cryptosporidiosis 

Kategori :