5 Cara Agar Kucing Betah di Rumah dan Tidak Kabur, Bikin Anabul Nyaman dan Bahagia di Rumah

Rabu 17-01-2024,11:29 WIB
Reporter : Dewi Nur
Editor : Dewi Nur

RADARKUNINGAN.COM- Anabul mu suka kabur-kaburan ke luar rumah? Yuk simak cara merawat kucing agar betah di rumah.

Kucing merupakan hewan yang memiliki naluri aktif. Meski sering disebut pemalas, dan menghabiskan waktunya untuk tidur, namun kucing suka menjelajah tempat-tempat baru untuk memuaskan rasa penasaran mereka.

Ada beberapa penyebab  kucing tidak betah di rumah diantaranya adalah tidak memiliki ruang yang cukup, terutama bagi kamu yang memiliki kucing lebih dari satu.

Oleh karena itu, pemilik kucing harus tahu bagaimana cara agar kucing betah di rumah dan tidak mudah kabur. Cat lovers harus meluangkan waktu untuk emmehami kucing agar mengetahui karakter mereka.

Sehingga pada saat kucing menunjukkan tanda ingin kabur, kamu bisa mengantisipasinya.

BACA JUGA:5 Keistimewaan Memelihara Kucing Dalam Ajaran Islam, Mendapatkan Pahala hingga Disayangi Penghuni Langit

Ada beberapa cara yang bisa cat lovers lakukan, agar kucing betah di rumah dengan menyediakan sarana yang diperlukan oleh kucing serta arena bermain agar kucing tidak merasa bosan dan stress.

Berikut ini beberapa cara agar kucing betah di rumah dan tidak kabur, yaitu sebagai berikut:

1. Litter Box yang Bersih

Cara agar kucing betah di rumah adalah menyediakan fasilitas untuk membuang kotorannya. Siapkan satu kota kotoran untuk setiap kucing di rumah.

Hal ini membantu mencegah perialku berebut wilaytah, dan memungkinkan fleksibilitas penggunaan kotak pasir. Selain itu, rutin bersihkan litter box agar kucing merasa nyaman. Juga tempatkan kotak pasir di tempat yang tenang dan tidak banyak lalu lintas.

BACA JUGA:Subhanallah! Inilah 5 Janji Allah Bagi Orang yang Memelihara Kucing, Benarkan Dijanjikan Surga?

2. Berikan Ruang Gerak dan Mainan

Saat kucing sedang ingin keluar rumah, jangan langsung mengurungnya di dalam kandang. Ini hanya akan membuat mereka stress dan sakit. 

Tenangkan dengan cara mengelus-elus dan simpan kucing di ruangan yang luas. Setelah itu, ajak kucing bermain atau simpan mainan di ruangan tersbeut. Mainan kucing bisa mengalihkan perhatian kucing sementara sampai akhirnya mereka lelah dan tertidur. 

Kategori :