Bolehkah Kucing Birahi Disteril? Simak Pernyataan Dokter Hewan Berikut!

Kamis 18-01-2024,10:58 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Steril kucing merupakan tindakan penting yang bisa dilakukan untuk menjaga populasi kucing dan juga demi kesehatan anabul juga.

Nah, untuk kalian yang memelihara kucing di rumah dan memutuskan untuk mensterilnya seperti bolehkah kucing birah disteril dan berapa umur kucing bisa disteril.

Steril kucing merupakan tindakan dengan jalur operasi atau bukan yang dapat menghilangkan kemampuamn reproduksi pada kucing.

Biasanya kucing yang melakukan operasi steril akan kehilangkan birahinya karena prosesnya mengangkat indung telur pada kucing.

BACA JUGA:Bikin Terharu! Ini Dia 6 Tanda Kucing Sayang Pada Kita Yang Tak Disadari Oleh Pemilik, Yuk Peka!

Namun selain itu, kalian bisa menggunakan jalur injeksi atau pakan untuk menghilangkan kemampuaj reproduksi pada anabul.

Tapi kalian juga tidak bisa serta merta mensteril kucing peliharaan kalian karena ada beberapa proses dan juga syarat yang perlu kalian perhatikan.

Seperti usia minimal kucing dapat disteril dan juga kondisi anabul ketika hendak disteril. Dan bolehkah kucing birahi disteril?

Usia Berapa Kucing Bisa Disteril?

Sterilisasi kucing, baik jantan maupun betina, dapat dilakukan selama masa pubertas.

BACA JUGA:Catlovers Wajib Tahu Berapa Kali Kucing Bisa Melahirkan? Tidak Aneh Populasi Kucing Meningkat Pesat

 Untuk kucing betina, pada usia enam hingga tujuh bulan; namun, kucing tiga bulan masih aman untuk melakukannya. 

Anak kucing betina cenderung mengalami siklus birahi pertamanya saat berusia enam bulan.

 Anda dapat melihat perubahan ini dalam tindakan mereka, seperti mengeong, menggosok kaki atau furnitur Anda, dan memasang postur kawin setiap kali punggungnya disentuh.

Bolehkah Kucing Birahi Disteril?

Dilansir dari kanal Youtube bernama catatan drh ikhsan sumirat, yang merupakan dokter hewan sekaligus content creator Youtube tersebut menjelaskan bolehkah kucing birahi disteril.

Kategori :