Bolehkah Kucing Birahi Disteril? Simak Pernyataan Dokter Hewan Berikut!

Kamis 18-01-2024,10:58 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

BACA JUGA:Kucing Bisa Hamil Umur Berapa? Ternyata Inilah Umur Dewasa pada Anabul

Dalam videonya, ia menjelaskan bahwa tidak ada masalah dalam mensteril kucing yang lagi birahi, hanya saja dalam proses operasinya terdapat kendala.

Karena dalam ovarium atau uterus pada kucing betina yang sedang birahi sedang dalam ukuran yang besar, membesar hingga 2-3 kali dari ukuran normalnya.

Dan hal ini menyebabkan pendarahan yang jauh lebih banyak selama operasi dibandingkan pada kucing yang sedang dlam kondisi normal.

Dan jika tindakan operasi pada kucing betina yang sedang birahi tidak dilakukan dengan benar, maka akan terjadi pendarahan di dalam.

BACA JUGA:Apakah Jual Beli Kucing Diperbolehkan Menurut Hukum Islam? Ternyata Ini Dalilnya

Oleh karena itu banyak dokter hewan yang menyarankan bahwa kucing yang sedang birahi jangan disteril karena terdapat kendala yang menyebabkan pendarahan di dalam.

Namun drh ikhsan juga menerangkan bahwa tidak ada masalah dalam melakukan operasi steril pada kucing yang sedang birahi asalkan ketika penjahitan di bagian kedua uterusnya tersebut benar-benar kencang.

Sehingga tidak terjadi pendarahan di bagian buang abdomen si kucing itu sendiri. 

Tapi hal ini berbeda dengan melakukan steril pada anjing yang sedang birahi. Anjing yang sedang birahi terdapat perbesaran uterusnya hingga 4-5 kali yang mana kemungkinan terjadi pendarahan sangat besar.

BACA JUGA:Menggemaskan, Ini Dia 5 Tanda Cinta Kucing Kepada Kita Yang Unik dan Lucu Buat Pemilik Anabul Jadi Baper

Sehingga tali saat penjahitan operasi tidak dapat menutupi secara menyeluruh pendarahan yang ada di uterusnya.

Dan itulah tadi beberapa penjelasan singkat tentang bolehkah kucing birahi disteril menurut dokterh hewan ikhsan sumirat melalui kanal Youtube-nya.

Kategori :