7 Manfaat Tanaman Sirih Cina untuk Kesehatan, Tanaman Herbal Serbaguna

Selasa 23-01-2024,04:00 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Apakah kalian pernah melihat tanaman dengan daun yang ditutupi dengan rambut halus kecil di permukaannya?

Jika iya, itu adalah tanaman sirih cina. Tanaman yang banyak ditanam di Indonesia namun banyak orang yang belum mengetahui namanya.

Sirih Cina, atau dikenal juga dengan nama Latinnya sebagai Piper sarmentosum, merupakan tanaman herbal yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaan tradisional di berbagai budaya, terutama di Asia Tenggara. 

Tanaman ini tergolong dalam keluarga Piperaceae dan memiliki daun yang biasanya digunakan untuk tujuan kesehatan. 

BACA JUGA:3 Jenis Tanaman Hias Sirih Gading Menjadi Pusat Perhatian Akibat Keindahanya Sebagai Dekorasi, Oh Ternyata Ini

Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang tanaman hebal satu ini dan manfaatnya yang menarik. Tanaman sirih Cina memiliki daun yang berbentuk hati dengan tepi rata dan ujung yang tumpul. 

Daunnya cenderung hijau tua dan berkilau, tumbuh dalam kelompok dan memiliki aroma yang khas.

Tanaman herbal satu ini biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis, serta dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian yang lebih tinggi.

Namun ternyata, tanaman yang sering kita temu ini menyimpan berbagai macam manfaat kesehatan, lho.

BACA JUGA:Yuk Intip 6 Kelebihan Menanam Janda Bolong Dengan Media Air, Tanaman Lebih Sehat dan Terhindar Dari Infeksi!

7 Manfaat Tanaman Sirih Cina

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Sirih cina memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan sistem pencernaan seseorang. 

Ini karena senyawa dalam daun sirih cina dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus, yang membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

2. Mempercepat pemulihan patah tulang

Sirih cina juga bermanfaat untuk pemulihan patang tulang. Ini karena senyawa aktif yang terkandung dalam daun sirih cina dapat merangsang produksi sel-sel tulang baru dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak.

3. Meredakan sakit kepala

Daun sirih cina diketahui memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan sakit kepala. 

BACA JUGA:Mengenal 5 Tanaman Herbal Yang Tidak Disukai Kucing, Cocok Untuk Mengusir Kucing Liar Yang Suka Berak di Rumah

Kategori :