Kenapa Ini? Ada Spanduk KPU Kuningan Tikus Demokrasi, Diduga Terkait Kecurangan Seleksi PPK

Kamis 16-05-2024,18:38 WIB
Reporter : Andre Mahardika
Editor : Yuda Sanjaya

Sebab, kedepan dikhawatirkan pola yang sama terjadi di pemilihan penyelenggara adhoc yaitu pemilihan KPPS dan petugas TPS.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Asep Budi Hartono, mempersilahkan untuk membuktikan tudingan kecurangan dalam seleksi.

”KPU Kuningan selalu berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam setiap tahapan pemilihan,” kata Asep, kepada radarkuningan.com, saat ditemui usai pelantikan Anggota PPK untuk Pilkada Serentak 2024, Kamis 16 Mei 2024.

Dikatakannya, proses mekanisme perekrutan anggota PPK untuk Pilkada 2024 sudah diatur sesuai tentang tahapan sampai keputusan rekrutmen.

BACA JUGA:3 Pelaku Kasus Vina Cirebon Masih DPO, Polisi Kesulitan Melacak Identitas Egi DKK, Ternyata Gara-gara Hal Ini

Proses mekanisme perekrutan anggota PPK untuk Pilkada 2024 sudah diatur oleh PKPU nomor 2 tentang tahapan dan jadwal maupun keputusan nomor 476 tentang proses CAT untuk seleksi calon anggota PPK.

Disinggung mengenai gagal lolosnya 12 calon PPK, padahal sebelumnya merupakan ketua PPK di 12 kecamatan berbeda, Asep menerangkan ketidak lolosannya mereka tidak hanya ketuanya saja, melainkan banyak juga incumbent bagian Datin, Teknis dan lainnya.

“Sejumlah calon anggota PPK incumbent yang di bagian Datin, Teknis, dan lainnya pun banyak yang tidak lolos pada seleksi kemarin. Oleh karena itu, secara kolektif kolegial kepengurusan PPK ini pasti mengalami perubahan, tidak hanya di posisi ketuanya saja," terangnya.

KPU Kuningan telah melantik 160 anggota PPK yang akan bertugas mengkoordinir penyelenggaraan pemilu di setiap Kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Cuma 25 Persen, Asia Tambah Wakil Jadi 9 Negara

Nantinya mereka diterjunkan selama Gelaran Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung 27 November mendatang.

Kategori :